Kompas.com - 19/06/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi CPR ShutterstockIlustrasi CPR

KOMPAS.com - Henti jantung bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara yang benar dalam memberikan pertolongan pertama bagi pasien henti jantung.

Dalam acara Live di Instagram Perki, Jumat (18/6/2021); para pakar menekankan pentingnya memberi bantuan hidup dasar pada menit awal untuk menyelamatkan pasien henti jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Radityo Prakoso, SpJP (K), berkata bahwa ada yang dinamakan golden period (periode emas).

Ketika jantung berhenti bekerja dan tidak mampu lagi untuk memompa darah, diperlukan resusitasi agar otak dan organ-organ tubuh lainnya dapat bertahan hidup.

Baca juga: Khawatir Serangan Jantung, Olahraga Apa yang Paling Cocok untuk Anda?

Pasalnya, tanpa adanya oksigen, otak hanya bisa bertahan hidup selama 6-12 menit dan jantung tidak sampai 30 menit.

Artinya, bila pasien henti jantung tidak diselamatkan dalam waktu enam menit, bisa terjadi kerusakan pada otak yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah mengapa, pasien henti jantung harus segera diberikan bantuan hidup dasar oleh orang-orang yang ada di sekitarnya sekalipun awam. Bila harus menunggu petugas medis untuk datang, bisa jadi nyawa pasien tidak terselamatkan.

Cara memberi pertolongan pertama

Pasien henti jantung sering kali dikira pingsan. Untuk membedakannya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa respons pasien. Pasien yang pingsan biasanya masih memiliki respons.

Bila pasien tidak merespons, segeralah meminta pertolongan. Anda bisa menelepon rumah sakit atau bila tidak tahu, teman-teman Anda.

Selagi menunggu bantuan, mulailah melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) atau RJP (Resusitasi Jantung Paru).

Baca juga: Markis Kido Meninggal, Apakah Berolahraga Bisa Sebabkan Serangan Jantung?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X