Kompas.com - 19/06/2021, 11:03 WIB


KOMPAS.com- Masih banyak hal yang tak diketahui mengenai seperti apa kehidupan yang ada di kedalaman laut. Untuk lebih mengetahui kehidupan misterius laut dalam ini, peneliti meluncurkan robot bawah air otonom.

Robot bernama Mesobot ini akan melacak makhluk bawah air yang sulit dipahami tanpa menganggu mereka sehingga membantu kita memahami migrasi kehidupan harian terbesar di Bumi.

Mengutip dari New Scientist, Jumat (18/6/2021) robot bawah air seberat 250 kg itu beroperasi tanpa sambungan ke sumber listrik atau ditambatkan dengan kabel serat optik ringan.

Hal tersebut membuat robot mampu bergerak di bawah permukaan laut atau laut dalam tanpa menganggu.

Baca juga: Siap-siap, Robot Anjing Bakal Bantu Manusia Jelajahi Gua Planet Mars

 

Zona Twilight yang dikenal juga sebagai zona mesopelagik terletak di antara kedalaman 200 meter dan 1 km.

Zona tersebut merupakan situs migrasi vertikal diel, yakni sebuah fenomena harian di mana hewan-hewan yang tinggal di kedalaman laut akan mendekat ke permukaan untuk memakan persediaan makanan yang lebih banyak ditemukan di sana sambil menghindari pemangsa.

Namun mempelajari makhluk yang terlibat dalam DVM ini begitu rumit karena mereka sering melarikan diri dari apapun yang menganggu, seperti cahaya misalnya.

"Kami coba meminimalkan semua mekanisme yang kami pikir akan menakuti hewan laut. Itulah mengapa kami membuat sesuatu yang tak menganggu air, tak memiliki lampu yang terang, dan tak menimbulkan banyak kebisingan," ungkap Dana Yoerger, pengembang dari robot bawah air, Mesobot.

Baca juga: Robot Perseverance NASA Sukses Mendarat di Mars, Cari Bukti Kehidupan

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.