Siap-siap, Robot Anjing Bakal Bantu Manusia Jelajahi Gua Planet Mars

Kompas.com - 18/12/2020, 20:02 WIB
Au-Spot, robot anjing Mars yang akan digunakan untuk menjelajah gua Mars. Misi penjelajahan planet merah ini dapat lebih mungkin dilakukan dengan robot canggih ini.

NASA/JPL-CaltechAu-Spot, robot anjing Mars yang akan digunakan untuk menjelajah gua Mars. Misi penjelajahan planet merah ini dapat lebih mungkin dilakukan dengan robot canggih ini.


KOMPAS.com- Manusia tak akan sendiri menjelajahi planet Mars. Robot berkaki empat seperti anjing nantinya akan membantu para ilmuwan untuk mencari tanda-tanda kehidupan serta tempat yang sesuai untuk ditinggali koloni di Mars.

Seperti dikutip dari Live Science, Jumat (18/12/2020) untuk mendukung kemampuannya menjelajah Mars, para ilmuwan melengkapi robot anjing yang dijuluki Au-Spot tersebut dengan kecerdasan buatan ( AI).

Selain itu, robot ini juga dilengkapi serangkaian peralatan penginderaan untuk membantunya secara mandiri menavigasi medan berbahaya, serta gua di bawah permukaan Planet Merah.

Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti NASA/JPL-Caltech dalam sebuah presentasi 14 Desember di pertemuan tahunan American Geophysical Union (AGU).

Baca juga: Mencari Kehidupan Kuno di Mars, Ini Misi Robot Penjelajah NASA

 

Dalam acara daring itu, peneliti mempresentasikan jika Au-Spot juga dapat melakukan manuver serupa dengan wahana penjelajah ikonik sebelumnya seperti Spirit, Opportunity, Curiosity, dan juga Perseverance.

Lebih lanjut, peneliti menyebut kalau Au-Spot akan menggabungkan kelincahan, ketahanan, serta sensor yang memungkinkan robot anjing Mars ini untuk menghindari rintangan, memilih jalur, dan membangun peta virtual gua.

Sebelumnya, wahana antariksa Mars, sebagian besar memiliki pergerakan yang terbatas, yakni hanya di permukaan yang datar saja.

Padahal banyak wilayah Mars yang menarik secara ilmiah yang hanya dapat dijangkau dengan melintasi medan yang ekstrem.

Baca juga: Robot Curiosity Selfie di Mars setelah Lakukan Misi Langka

 

Tak heran robot anjing Mars ini nantinya akan sangat cocok untuk medan seperti itu. Bahkan jika terjatuh, mereka dapat bangkit kembali dengan mudah.

Kelebihan lain robot Au-Spot ini adalah bobotnya yang 12 kali lebih ringan dari wahana penjelajah saat ini.

Dalam pengujian, robot anjing juga dapat melakukan perjalanan jauh lebih cepat, sekitar 5 km/jam.

Sementara wahana penjelajah Curiosity meluncur di permukaan Mars dengan kecepatan sekitar 0,14 km/jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X