Kompas.com - 19/06/2021, 19:32 WIB


KOMPAS.com- Salah satu gletser terbesar di Antartika yang disebut sebagai Gletser Kiamat, tak lama lagi akan mengalami keruntuhan.

Studi baru yang dipublikasikan di jurnal Science, menunjukkan hasil simulasi keruntuhan gletser Antartika akan dialami Gletser Thwaites di Antartika Barat.

Gletser Thwaites juga disebut sebagai Gletser Kiamat dan merupakan salah satu gletser terbesar dan paling tidak stabil di dunia.

Hal ini berdasarkan pemodelan yang dilakukan para peneliti, seperti dikutip dari Phys, Sabtu (19/6/2021), yang memodelkan runtuhnya berbagai ketinggian tebing es.

Formasi tebing es di Antartika hampir vertikal terjadi di mana gletser dan lapisan es bertemu dengan lautan.

Para peneliti menemukan bahwa ketidakstabilan tidak selalu mengarah pada disintegrasi yang cepat.

Baca juga: Antartika Mendekati Kiamat Gletser, Ilmuwan Jelaskan Penyebabnya

 

"Apa yang kami temukan adalah bahwa dalam rentang waktu yang lama, es berperilaku seperti cairan kental, seperti kue dadar yang menyebar di penggorengan," kata Jeremy Bassis, profesor ilmu dan teknik iklim dan ruang angkasa University of Michigan, Amerika Serikat, yang meneliti Gletser Kiamat terbesar di Antartika ini.

Bassis menambahkan, es menyebar dan menipis lebih cepat dan ini bisa menstabilkan keruntuhan. Akan tetapi, jika lapisan es tidak cukup cepat menipis, maka saat itulah gletser akan runtuk lebih cepat.

Dalam pemodelan ini, para peneliti menggabungkan variabel keruntuhan es dan aliran es untuk pertama kalinya.

Mereka menemukan bahwa peregangan dan penipisan es, serta penompang dari bongkahan es yang terperangkan, dapat memoderasi efek ketidakstabilan tebing es laut yang disebabkan oleh fraktur.

Temuan studi Gletser Kiamat di Antartika ini menambah wawasan tentang teori sebelumnya tentang ketidakstabilan tebing es laut.

Baca juga: Gletser Greenland Meleleh Mengandung Merkuri Tinggi

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.