Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tahun Bertugas, Tikus Pelacak Ranjau Magawa Akhirnya Pensiun

Kompas.com - 07/06/2021, 20:04 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Tikus pelacak ranjau bernama Magawa mengakhiri masa tugasnya. Setelah lima tahun berjibaku mengendus ranjau darat dan persenjataan yang tak meledak di Kamboja, akhirnya tikus ini pensiun dari tugasnya.

Tikus raksasa berkantung yang berasal Afrika ini menjadi hewan pengerat paling sukses yang dilatih dan diawasi oleh APOPO, sebuah organisasi nirlaba Belgia.

Magawa memang bertugas untuk menemukan ranjau darat dan memperingatkan sang pawang sehingga bahan peledak dapat dipindahkan dengan aman.

Selama bertugas, Magawa telah membersihkan lebih dari 141.000 meter persegi tanah, setara dengan sekitar 20 lapangan sepak bola, mengendus 71 ranjau darat dan 38 buah persenjataan yang belum meledak.

Baca juga: Wabah Tikus Landa Australia, Makin Parah Saat Masuki Musim Dingin

 

Tak heran tahun lalu, Magawa, si tikus pelacak ranjau darat ini memenangkan penghargaan sipil tertinggi badan amal Inggris untuk keberanian hewan-sebuah kehormatan yang sejauh ini khusus diperuntukkan bagi anjing. Namun kini masa tugasnya pun akhirnya berakhir.

"Meski masih dalam kondisi sehat, usianya sudah memasuki masa pensiun dan jelas mulai melambat. Ini adalah waktunya," kata APOPO seperti dikutip dari Phys, Senin (7/6/2021).

Lily Shallom, juru bicara APOPO mengungkapkan di masa pensiunnya, Magawa akan tinggal di kandang yang sama seperti sebelumnya dan mengikuti rutinitas harian yang sama, tetapi tidak akan pergi ke ladang ranjau lagi.

Magawa juga akan diberi makan makanan yang sama, memiliki waktu bermain setiap hari dan mendapatkan olahraga teratur dan pemeriksaan kesehatan

"Dia (tikus pelacak ranjau darat) kebanyakan makan buah dan sayuran segar. Lalu ditambah dengan ikan kecil yang dijemur untuk protein dan pelet impor untuk vitamin dan serat," kata Shallom bercerita.

Baca juga: Bulu Beracun Mematikan, Tikus Jambul Afrika Ini bisa Bunuh Manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com