Kompas.com - 07/06/2021, 13:30 WIB

KOMPAS.comGerhana matahari cincin dihitung akan terjadi pada tanggal 10 Juni 2021 mendatang. Hal ini merupakan hasil perhitungan Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pussainsa-LAPAN).

Gerhana matahari cincin ini akan jelas diamati pada wilayah Amerika Selatan dan Eropa. Selain itu sebagian Kanada juga bisa mengamati fenomena alam ini.

Baca juga: Fenomena Langit Juni 2021: Gerhana Matahari Cincin hingga 3 Hujan Meteor

Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari cincin adalah salah satu tipe dari gerhana matahari. Gerhana matahari akan terjadi jika matahari, bulan, dan bumi berada pasa satu garis lurus. Kondisi ini akan menyebabkan bayangan bulan jatuh pada bumi.

Bulan berukuran sekitar 400 kali lebih kecil dari ukuran matahari dan berjarak 400 kali lebih dekat ke bumi.

Hal ini menyebabkan ketika bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus, bulan akan tampak berukuran hampir sama dengan matahari.

Namun gerhana matahari cincin terjadi apabila jarak antara bulan dengan bumi mendekati jarak terjauhnya. Kondisi ini menyebabkan matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan dan menghasilkan cincin cahaya di sekitar bulan yang gelap.

Baca juga: Apa Bedanya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari?

Pengaruh gerhana matahari cincin

Gerhana matahari cincin bisa mempengaruhi beberapa parameter cuaca. Beberapa diantaranya yang terpengaruh adalah radiasi matahari, suhu, tekanan udara, kelembaban relatif, dan angin.

Radiasi matahari saat terjadinya gerhana matahari cincin akan berkurang. Berkurangnya radiasi matahari akan menyebabkan suhu udara menurun dan tekanan udara meningkat. Meningkatnya tekanan udara akan menyebabkan bertambahnya kecepatan angin.

Apakah gerhana matahari 10 Juni 2021 bisa diamati di Indonesia?

Dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, tidak ada gerhana matahari yang melintasi Indonesia pada tahun 2021. Termasuk gerhana matahari cincin 10 Juni mendatang tidak bisa diamati di wilayah Indonesia bagian manapun.

Jadwal berikutnya Indonesia bisa mengamati langsung gerhana matahari adalah pada April 2023 mendatang. Gerhana pada April 2023 adalah gerhana matahari hibrida dan akan bisa diamati di wilayah Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Gerhana Matahari dan Proses Terjadinya

Sedangkan jadwal gerhana matahari cincin terdekat yang bisa diamati di Indonesia akan terjadi pada 21 Mei 2031. Gerhana ini akan bisa diamati pada wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.