Kompas.com - 07/06/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi hujan meteor SHUTTERSTOCK/SKY2020Ilustrasi hujan meteor

KOMPAS.com - Jika Anda sedang memandangi langit di sekitar saat ini, dan melihat ada pantulan cahaya benda langit yang seolah jatuh, barangkali Anda sedang menyaksikan hujan meteor Arietid.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang Hasanuddin.

Apa itu hujan meteor Arietid?

Hujan meteor Arietid adalah hujan meteor yang titik radian (awal kemundulan meteornya) terletak di konstelasi Aries, tepatnya dekat bintang Botein (Delta Arietis).

Andi menjelaskan, hujan meteor ini diduga berasal dari sisa debu asteroid Icarus dan komet periodik 96P/Machholz meskipun sumber utamanya tidak dapat diketahui dengan pasti.

Baca juga: Fenomena Langit Juni 2021: Gerhana Matahari Cincin hingga 3 Hujan Meteor

Hujan meteor Arietid merupakan satu-satunya hujan meteor yang dapat disaksikan ketika siang hari.

"Mengenai arietid shower (hujan meteor Arietid), titik radiannya ini berada di konstelasi aries, dan terbit sekitar subuh sebelum matahari terbit dan terbenam ketika sore hari. Sehingga hanya bisa disaksikan ketika siang hari. Berbeda dengan hujan meteor pada umumnya," kata Andi kepada Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Sebagai informasi, hujan meteor Arietid ini sebenarnya sudah mulai aktif sejak 14 Mei, dan akan berlangsung hingga 24 Juni mendatang.

Namun, puncaknya terjadi hari ini, 7 Juni 2021 dengan intensitas 50 meteor per jam ketika di zenit. 

Sehingga, untuk wilayah Indonesia intensitasnya berkurang menjadi sekitar 19-20 meteor per jam.

Dapat disaksikan dari arah Timur-Timur Laut sebelum fajar astronomis, berkulminasi di arah Utara pada pukul 10.00 waktu setempat, dan terbenam di arah Barat-Barat Laut pada pukul 16.00 waktu setempat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.