Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Vitamin B dan Penjelasan Lengkap Tiap Macamnya

Kompas.com - 30/05/2021, 13:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comVitamin B adalah kelompok vitamin yang memiliki peranan penting dalam tubuh kita. Sebagian besar orang akan memenuhi kebutuhan hariannya akan vitamin B karena vitamin B ditemukan pada banyak makanan.

Namun terdapat beberapa kondisi kesehatan yang membutuhkan asupan vitamin B kompleks lebih banyak. Contohnya seperti kehamilan, orang tua, atau kondisi medis lainnya.

Apa itu vitamin B kompleks?

Vitamin B ada delapan macam dan semuanya dibutuhkan tubuh. Vitamin B kompleks adalah vitamin yang mengandung semua macam vitamin B.

Baca juga: Konsumsi Vitamin C Ampuh Turunkan Asam Urat, Fakta atau Mitos?

Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal juga dengan nama tiamin. Tiamin memiliki peran dalam proses metabolism untuk membantu mengubah nuutrien menjadi energi.

Kebutuhan harian tiamin adalah 1,1 miligram (mg) pada wanita di atas 18 tahun, 1,4 mg pada wanita hamil, dan 1,5 mg pada ibu menyusui. Sedangkan kebutuhan tiamin pada pria adalah 1,2 mg.

Vitamin B1 banyak ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging merah. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan penyakit beriberi. Penyakit ini menyebabkan gangguan pada jantung, saluran pencernaan, dan sistem saraf.

Vitamin B2

Nama lain vitamin B2 adalah riboflavin. Riboflavin berfungsi untuk memecah karbohodrat, lemak, dan protein dalam makanan untuk menjadi energi. Vitamin ini menjaga kesehatan kulit, kesehatan usus, dan sel darah.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C yang Sangat Penting, Bisa Atasi Diabetes

Selain itu, riboflavin juga merupakan antioksidan. Bahkan, menurut Sumber vitamin B2 adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, daging, oatmeal, dan produk susu.

Vitamin B3

Vitamin B3 adalah niacin. Tubuh akan mengubah niacin menjadi koenzim bernama nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). Terdapat lebih dari 400 reaksi enzim yang membutuhkan NAD.

Enzim ini berfungsi untuk mengubah karbohidrat, lemak, dan protein ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh serta proses metabolism di dalam sel tubuh. Vitamin B3 banyak ditemukan di dalam daging merah, unggas, dan ikan.

Vitamin B5

Vitamin B5 disebut juga dengan asam pantotenat. Vitamin B5 sangat penting untuk tubuh membentuk koenzim, protein, dan lemak. Sel darah merah akan membawa asam pantotenat ke seluruh tubuh untuk dijadikan nutrient yang digunakan untuk metabolism.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B5 antara lain hati sapi, jamur shitake, biji bunga matahari, ayam, tuna, dan alpukat.

Baca juga: Baik untuk Tulang dan Imunitas Tubuh, Ini 4 Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin B6

Vitamin B6, atau piroksidin, berperan dalam berbagai proses enzim di dalam tubuh. Vitamin B6 membantu tubuh untuk metabolism asam amino, memecah karbohidrat dan lemak, serta baik untuk perkembangan otak.

Makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain tuna, salmon, dan kentang.

Vitamin B7

Nama lain vitamin B7 adalah biotin. Biotin terkenal sebagai asupan nutrisi yang baik untuk mejaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Biotin dipercaya bisa membantu mengurangi kerontokan rambut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com