Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Tanzanite? Batu yang Bikin Buruh Tambang di Tanzania Kaya Mendadak

Kompas.com - 26/06/2020, 13:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Geology


KOMPAS.com - Mendadak seorang penambang batu di Tanzania menjadi kaya raya, setelah dia menjual dua bongkahan batu langka Tanzanite.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (25/6/2020), Saniniu Laizer, buruh tambang ini mendapatkan 2,4 juta poundsterling atau setara Rp 42,4 miliar dari kementerian pertambangan.

Tanzanite, diketahui merupakan batu permata paling langka di dunia. Bahkan, para pakar geologi memperkirakan batuan ini baru ada lagi 20 tahun mendatang.

Lantas, apa itu Tanzanite, apa keistimewaannya dan mengapa sangat langka di dunia?

Melansir Geology Geoscience News and Information, Jumat (26/6/2020), Tanzanite adalah nama dagang yang kali pertama digunakan Tiffany and Company (Tiffany & Co), yakni perusahaan bisnis perhiasan mewah yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Keindahan MARS, NASA Potret Batu Berpasir di Planet Merah

Tanzanite digunakan untuk melabeli spesimen permata berkualitas dari mineral zoisite berwarna biru.

Nama Tanzanite ini, menurut ahli gemologi Hobart M. King, Ph.D., dari Gemological Institute of America (GIA) Graduate Gemologist, menjadi satu-satunya deposite batu permata yang dikenal di dunia yang secara mencerminkan asal geografis batu mulia ini yakni yang berasal dari Tanzania utara.

Semua tambang batuan ini di berada di area sekitar 8 mil persegi di Bukit Merelani, dekat pangkalan Gunung Kilimanjaro dan kota Arusha, Afrika.

Ilustrasi batu permata biru Tanzanite yang berasal dari Tanzania. SHUTTERSTOCK/loveaum Ilustrasi batu permata biru Tanzanite yang berasal dari Tanzania.

Baca juga: Serpihan Batu Permata Langka Ditemukan pada Fosil Gigi Kuno

Uniknya, kendati hampir semua batu permata paling populer di dunia telah dikenal dan digunakan selama ratusan tahun, namun Tanzanite ini tidak ditemukan dalam jumlah komersial hingga tahun 1960-an.

Namun, sejak saat itu, dalam waktu yang sangat singkat, batu permata biru ini menjadi populer. Bahkan, kepopulerannya berada di peringkat kedua setelah batu safir.

Tanzanite adalah salah satu dari sejumlah kecil permata dari berbagai warna yang telah ditemukan dan popularitasnya sudah dikenal sejak abad lalu. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, Tanzanite disebut sebagai batu kelahiran modern untuk bulan Desember 2002.

Warna batu permata Tanzanite yang istimewa

Mineral zoisite yaitu kandungan yang terdapat suatu batuan, secara alami muncul dalam berbagai warna yang mencakup tanpa warna (transparan), coklat, merah muda, hijau, biru dan ungu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com