Orang Autis Lebih Rentan Terinfeksi Corona Covid-19, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/06/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi autisme SHUTTERSTOCK/LightspringIlustrasi autisme

KOMPAS.com - Orang dengan cacat intelektual dan autisme yang terinfeksi Covid-19, berisiko tinggi meninggal dunia dibanding populasi lain.

Ini merupakan hasil analisis yang dilakukan National Public Radio (NPR) AS berdasar data dari dua negara bagian AS.

Selain risiko kematian yang lebih tinggi, orang dengan cacat intelektual dan autisme lebih rentan terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 yang bertanggung jawab atas Covid-19.

Baca juga: Ini Penyebab Pasien Covid-19 Kehilangan Kemampuan Mencium Bau

Di Pennsylvania, angka yang diperoleh NPR menunjukkan bahwa orang dengan kecacatan intelektual dan autisme yang positif COvid-19 meninggal dunia dengan laju sekitar dua kali lebih tinggi dibanding penduduk Pennsylvania lain yang terinfeksi penyakit tersebut.

Di New York, negara dengan kematian terbanyak akibat Covid-19 adalah orang dengan kecacatan intelektual. Jumlahnya 2,5 kali lipat lebih tinggi dibanding jumlah orang lain.

Pada 2 Juni, ada 801 kasus yang dikonfirmasi di Pennsylvania dengan 113 kematian merupakan orang dengan cacat intelektual dan autisme.

Di New York, NPR menghitung data yang diperoleh dari Kantor Negara Bagian New York untuk penyandang disabilitas. Data menunjukkan, 2.289 positif Covid-19 an 368 meninggal dunia.

"Tingkat kematian yang tinggi sangat meresahkan, tapi ini tidak mengejutkan," kata Scott Landes, profesor sosiologi dari Universitas Syracuse.

Landes mengumpulkan data mandiri dan menemukan bahwa orang dengan cacat perkembangan memiliki tingkat kematian tertinggi akibat Covid-19.

"Mereka lebih mungkin - sekitar empat kali lebih mungkin - terinfeksi Covid-19 dibanding populasi umum," kata Landes dilansir NPR.org, 9 Juni 2020.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber NPR
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X