Kompas.com - 26/06/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi orangtua mengajarkan tentang keuangan pada anak. SHUTTERSTOCK/Wong Yu LiangIlustrasi orangtua mengajarkan tentang keuangan pada anak.

KOMPAS.com - Pertumbuhan dan perkembangan buah hati menjadi hal yang penting untuk diperhatikan orang tua. Terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan.

Periode ini disebut juga sebagai window of opportunity, di mana anak sedang berada dalam masa emas pertumbuhannya. Sehingga, masa ini sangat berpengaruh bagi masa depan anak.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, dr Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K) menjelaskan, pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan akan membuat anak tumbuh dan belajar menjadi lebih baik secara fisik, emosi, maupun kecerdasan.

"Periode ini sangat menentukan kualitas hidup anak di kemudian hari, baik secara tumbuh kembang di usia selanjutnya, bahkan ketika nanti dewasa," ujarnya dalam webinar RSPI: Pertumbuhan & Perkembangan Balita, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Anak Tantrum? Jangan Emosi, Lakukan 4 Hal Ini

Ia menjelaskan, periode 1.000 hari pertama kehidupan dimulai sejak janin pertama kali berada di kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada masa setelah kandungan, orangtua perlu menerapkan pola asuh responsif dengan memenuhi kebutuhan dasar tumbuh kembang anak yaitu asuh, asih, asah. Dengan demikian, tumbuh kembang anak bisa optimal.

Asuh adalah pemenuhan kebutuhan fisik anak. Ini mencakup pemenuhan nutrisi, imunisasi, pakaian, tempat tinggal, dan layanan kesehatan pada anak.

Baca juga: Orangtua, Begini Cara agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

dr Catharine mengatakan, terkait layanan kesehatan, orangtua harus sigap dalam memutuskan apakah perlu untuk segera membawa anak ke fasilitas kesehatan atau melakukan perawatan di rumah. Terlebih ditengah masa pandemi.

"Penting untuk orangtua untuk kenali kapan harus segera ke rumah sakit, dan kapan masih bisa manajemen sakit itu sendiri," katanya.

Asih adalah pemenuhan kebutuhan anak akan emosi atau kasih sayang. Ini mencakup rasa aman, harga diri, kebebasan, dan rasa sukses ketika anak berhasil melakukan sesuatu yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.