Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Begini Cara agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Kompas.com - 25/06/2020, 19:02 WIB
Yohana Artha Uly,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anak yang lahir di era digitalisasi akan dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Akses ke beragam gadget pun menjadi hal yang sangat mudah.

Orang tua 'zaman now' seringkali mengajak bermain anak dengan menggunakan gadget. Bahkan, gadget digunakan orangtua untuk menenangkan anak yang sedang rewel.

Bila kebiasaan ini berlangsung terus-menerus, maka tanpa disadari membuat anak menjadi kecanduan gadget. Ini bukan hal yang baik.

Dalam masa tumbuh kembang, anak perlu melakukan aktivitas fisik dan berelasi dengan banyak teman. Di mana hal ini tidak akan terjadi jika anak hanya duduk bermain gadget.

Baca juga: Kecanduan Gadget Ganggu Tumbuh Kembang Anak, Ini Tips Menguranginya

Sebenarnya, memperkenalkan anak pada gadget bukanlah hal yang selalu buruk, sebab mereka juga bisa mempelajari banyak hal disana. Tapi perlu ada batasan dan pengawasan dari orangtua.

Tapi memangnya kapan waktu yang tepat untuk anak kenal dengan gadget dan bagaimana pengawasannya agar anak tidak kecanduan?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K) menjelaskan, sebaiknya anak diperkenalkan gadget pada usia dua tahun keatas. Tentu dengan pendampingan orang tua.

"Bisa lewat videocall dengan tujuan itu sebagai upaya komunikasi dengan orang tercinta, seperti bapak, tapi harus ada orang dewasa atau pengasuh untuk temani anak agar bisa ajak obrol," ujarnya dalam webinar RSPI: Pertumbuhan & Perkembangan Balita, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Diberikan Orangtua untuk Anak Usia 1-5 Tahun

Jadi orang tua perlu menentukan strategi yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak. Seiring dengan itu, orangtua juga harus mengatur jadwal anak untuk tidur dan beraktivitas fisik.

dr. Catharine bilang, aktivitas fisik pada anak berusia dibawah satu tahun minimal 30 menit sehari. Sedangkan untuk berusia 1-3 tahun diperlukan minimal 2 jam sehari.

Kemudian anak yang berusia 3-5 tahun diperlukan setidaknya 3 jam aktivitas fisik dalam sehari. Tapi, ada minimal 1 jam anak melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat, sehingga banyak berkeringat.

"Karena anak yang aktivitas fisiknya bagus, dan tidurnya bagus, dia enggak akan tertarik juga sama gadget," ungkapnya.

Anak-anak bermain dengan gadget.Lifehackers Anak-anak bermain dengan gadget.

Dalam upaya membatasi anak dari penggunaan gadget, hal yang juga penting adalah orangtua menjadi contoh langsung bagi anak.

Misal saat bekerja, tunjukkan pada anak bahwa orangtua tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya duduk di depan gadget. Melainkan, mengambil waktu luang untuk beristirahat dan mengisinya dengan bermain bersama anak.

Ini akan menjadi pelajaran bagi anak, bahwa tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk bermain gadget. Melainkan tubuh memerlukan untuk melakukan aktivitas fisik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com