Kecanduan Gadget Ganggu Tumbuh Kembang Anak, Ini Tips Menguranginya

Kompas.com - 25/06/2020, 08:04 WIB
Ilustrasi anak dan gadget shutterstockIlustrasi anak dan gadget

KOMPAS.com - Anak- anak zaman sekarang lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, ketimbang pergi ke luar rumah untuk bermain dengan teman-teman sebayanya.

Gadget memang teknologi yang baik untuk digunakan jika dalam porsi yang tepat, tidak berlebihan, dan jika anak menggunakannya di bawah pengawasan orangtua.

Sayangnya, ketika sudah bermain gadget, anak menjadi terpaku dengan layar dan perhatiannya sulit teralihkan. Orangtua pun sering kali terlalu lama memberikan waktu untuk anak bermain gadget.

Hal ini bisa berakibat pada kecanduan gadget.

Baca juga: Suka Main Gadget? Berikut Tips Jaga Kesehatan Mata agar Tak Rusak

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K) menyatakan, kecanduan bermain gadget bisa menggangu tumbuh kembang anak.

"Kalau nonton (gadget) terus, maka jadi duduk terus, input untuk belajar bergerak juga jadi berkurang, secara otot dan tulang juga kurang banyak terstimulasi," ujarnya dalam webinar RSPI: Pertumbuhan & Perkembangan Balita, Rabu (24/6/2020).

Dokter Catharine menyatakan, jika anak sudah sangat terbiasa dengan gadget, maka yang bisa dilakukan orangtua adalah memberikan masa transisi.

"Orangtua perlu melakukan transisi, mengoreksi apa yang sudah terlanjur terjadi menuju kebiasaan yang jauh lebih baik," tambahnya

Baca juga: Awas, Kelamaan Main Gadget Bisa Picu Kram, Kebas, dan Kesemutan

Masa transisi dilakukan dengan mengurangi waktu penggunaan gadget pada anak. Sebab, jika kebiasaan bermain gadget tiba-tiba diberhentikan secara total, maka anak akan merasa kebingungan.

Mengurangi kebiasaan terhadap gadget akan lebih baik jika dilakukan dengan menyediakan ruangan yang khusus untuk anak bermain gadget di sana. Penggunaannya juga dibatasi dengan orangtua menentukan berapa lama anak bisa menggunakan gadget.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X