Kompas.com - 25/06/2020, 12:30 WIB
Ilustrasi matahari NASA/SDO (AIA)Ilustrasi matahari

KOMPAS.com – Per Juni 2020, Solar Dynamics Observatory (SDO) milik NASA telah merekam pergerakan Matahari non-stop selama 10 tahun lamanya.

Mengutip situs resmi NASA, Kamis (25/6/2020), dari orbitnya di sekitar Matahari, SDO telah mengumpulkan 425 juta gambar Matahari beresolusi tinggi dengan total 20 juta gigabyte.

Gambar-gambar yang diambil oleh SDO telah memberi pencerahan kepada banyak ilmuwan mengenai kondisi Matahari, dan bagaimana pengaruhnya terhadap sistem Tata Surya.

Baca juga: Fenomena Solar Minimum, Selamat Datang Siklus Matahari 25

Baru-baru ini NASA mengeluarkan sebuah video timelapse berisi rekam pergerakan Matahari yang diambil oleh SDO selama 10 tahun lamanya. SDO merekam pergerakan bintang tersebut setiap 0.75 detik.

Gambar-gambar yang diambil dalam waktu 10 tahun ini memiliki panjang gelombang 17,1 nanometer, memperlihatkan dengan jelas atmosfer terluar Matahari yang disebut ‘corona’.

Menggabungkan satu foto dalam tiap jam, timelapse ini menghasilkan video 10 tahun pergerakan matahari dalam waktu 61 detik. Video yang diunggah dari akun Youtube resmi NASA tersebut menggambarkan aktivitas selama siklus Matahari (solar cycle) yang berlangsung setiap 11 tahun.

Baca juga: Fenomena Equinox di Mesir, Saat Matahari Terbenam di Bahu Sphinx

Dalam video tersebut tampak jelas beberapa kejadian, seperti ledakan-ledakan yang terjadi permukaan matahari.

Sementara SDO merekam gambar-gambar ini tanpa henti, ada beberapa gangguan yang juga terlihat dalam video. Ada momen di mana Bumi atau Bulan melintas di antara SDO dan Matahari.

SDO tetap merekam gambar Matahari sampai saat ini, mencari tahu fakta-fakta baru mengenai bintang terdekat dari Bumi kita tersebut.



Sumber NASA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X