Serba-serbi Hewan: Burung Bantu Ikan Bermigrasi, Kok Bisa?

Kompas.com - 25/06/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi burung camar. Dok. SKYIlustrasi burung camar.

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin berpikir, ikan bermigrasi dengan cara berenang ke wilayah yang akan ditujunya. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada satu lagi cara yang dapat dilakukan ikan untuk bermigrasi.

Tim peneliti dari Danube Research Institute, Pusat Penelitian dan Inovasi Pertanian Nasional Hongaria, serta beberapa peneliti lain melaporkan bahwa ikan bermigrasi ke daerah lain dibantu oleh burung.

Bagaimana bisa?

Baca juga: Kamasutra Satwa: Semua Terlahir Jantan, Bagaimana Ikan Badut Bereproduksi?

Seperti dikutip dari Phys.org, Rabu (24/6/2020), telur ikan sering kali tidak sengaja terbawa burung sewaktu mereka mencari makan di perairan.

Telur-telur ikan itu dapat bertahan di dalam saluran pencernaan burung hingga akhirnya menetas dan hidup di tempat yang baru.

Temuan tersebut berdasarkan eksperimen pada burung dan telur ikan.

Sebelumnya peneliti menemukan ikan berenang di danau yang terpencil selama bertahun-tahun. Hal ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana ikan-ikan tersebut dapat sampai di sana.

Penjelasan paling jelas untuk migrasi tersebut adalah telur ikan yang tak sengaja tertelan burung "tinggal" di saluran pencernaan mereka.

Telur kemudian menetas di tempat baru ketika burung buang air besar.

Untuk menguji teori tersebut, peneliti pun lantas melakukan eksperimen dengan memberikan telur ikan pada burung dan kemudian mengambil kotorannya di lain waktu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X