Kompas.com - 25/06/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi hamil anak kembar ShutterstockIlustrasi hamil anak kembar

KOMPAS.com - Pada trimester ketiga kehamilan, banyak rangkaian pemeriksaan yang harus dijalani ibu hamil. Hal ini untuk mempersiapkan persalinan agar berjalan lancar.

Namun di masa pandemi seperti ini, pemeriksaan sebelum bersalin berbeda dengan sebelumnya. Ada beberapa pemeriksaan tambahan untuk memastikan persalinan di masa pandemi tetap aman untuk ibu dan bayi.

"Pada saat menjelang persalinan, ibu hamil akan melalui proses pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan screening Covid-19," kata dokter spesialis kandungan dari Primaya Hospital Karawang, dr Fredy Lisnan SpOG.

Baca juga: Hamil di Tengah Pandemi? Simak Anjuran Pemeriksaan dari Dokter Kandungan

Screening atau pemindaian untuk ibu hamil dengan usia kehamilan di trimester tiga antara lain:

  • Rontgen dada
  • Pemeriksaan hitung jenis darah (blood differential count)
  • Rapid test
  • Swab test atau PCR jika diperlukan

Fredy menambahkan, pemeriksaan tersebut dapat sedikit berbeda antar-rumah sakit. Ini bergantung pada kebijakan setiap rumah sakit itu sendiri.

Screening sebelum bersalin, dikatakan Fredy, bertujuan untuk mengetahui keadaan ibu hamil yang akan bersalin, melindungi pasien lain yang sedang dirawat, serta melindungi tim di rumah sakit.

"Sehingga mencegah rumah sakit yang bersangkutan menjadi episentrum Covid-19 yang baru," ujar dia.

Tidak hanya itu, hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan persalinan adalah memastikan rumah sakit yang dituju telah menerapkan pemisahan alur pasien infeksius dan non-infeksius.

Pentingnya ilmu tentang kehamilan

Fredy menganjurkan agar sejak dini ibu hamil sudah mempersiapkan diri dengan menggali ilmu tentang kehamilan dan persalinan di masa pandemi Covid-19 ini.

Ibu hamil perlu mengetahui tanda-tanda akan dimulainya persalinan dan segera menuju ke fasilitas kesehatan untuk melakukan proses persalinan.

Salah satu hal penting yang harus diketahui jika sudah mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah tanda-tanda akan bersalin.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi tanda seseorang akan segera melahirkan:

  • Kontraksi yang semakin lama semakin sering dan kuat
  • Ketuban pecah
  • Keluar lendir atau darah (bloody show)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X