Fenomena Equinox di Mesir, Saat Matahari Terbenam di Bahu Sphinx

Kompas.com - 26/03/2020, 10:02 WIB
Matahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September. Facebook/ Egypt Ministry of AntiquitiesMatahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September.


KOMPAS.com - Sphinx, salah satu lambang nasional Mesir, patung bertubuh singa dan berkepala manusia, memiliki momen " astronomi khas" yakni ketika matahari terbenam di bahu Sphinx.

Bukan sekali terjadi, fenomena ini berlangsung selama equinox yakni saat musim semi.

Menurut Kementerian Kepurbakalaan Mesir, fenomena ini terjadi hanya dua kali dalam setahun, saat musim semi pada Maret dan titik balik musim gugur pada September.

Pada musim semi kali ini, fenomena tersebut terjadi pada Kamis (19/3/2020), seperti melansir Live Science.

Baca juga: BMKG Tegaskan Fenomena Equinox Tak Bikin Panas Ekstrem

Selama equinox, poros Bumi tidak mendekat maupun menjauhi matahari, sehingga belahan Bumi bagian utara dan selatan menerima jumlah cahaya matahari yang sama.

Dengan kata lain, siang dan malam memiliki panjang yang sama.

Selain itu, posisi Sphinx berada pada lokasi strategis untuk titik balik matahari musim panas di bulan Juni, ketika matahari terbenam di antara piramida Firaun Khufu dan Khafre.

Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Mesir kuno menyusun posisi Sphinx dengan sengaja.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X