Musim Kemarau 2020 Mundur di Sebagian Wilayah Indonesia, Ini Daftarnya

Kompas.com - 24/03/2020, 18:03 WIB
Seorang warga di Cianjur, Jawa Barat menyusuri pematang sawah sejauh 1 kilometer untuk mengambil air bersih dari sebuah cerukan di tepian sawah, karena sumber-sumber air di pemukimannya mengering akibat kemarau. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSeorang warga di Cianjur, Jawa Barat menyusuri pematang sawah sejauh 1 kilometer untuk mengambil air bersih dari sebuah cerukan di tepian sawah, karena sumber-sumber air di pemukimannya mengering akibat kemarau.


KOMPAS.com- Bulan Maret 2020 hampir mencapai penghujung tanggal, itu artinya musim hujan akan segera beralih ke musim kemarau.

Diprediksikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) awal musim kemarau tahun 2020 di Indonesia ini dimulai pada bulan April mendatang.

Namun, dikatakan oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati MSc dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020), bahwa awal musim kemarau tersebut akan bervariatif di setia Zona Musim (ZOM) yang ada.

Baca juga: Jabodetabek dan Daerah Lain Hujan, Kok Yogyakarta Panas seperti Kemarau?

Di antaranya sebanyak 19,3 persen daerah zona musim (ZOM) diprediksi akan memasuki musim kemarau lebih awal, sedangkan sebanyak 37,4 persen ZOM sama seperti biasanya dan sebanyak 43,3 persen ZOM lebih lambat dari biasanya.

Berikut prediksi perbedaan awal musim hujan berdasarkan wilayah ZOM yang ada.

 

April 2020

Dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 17,0 persen diprediksi akan mengawali musim kemarau pada bulan April 2020, yaitu di sebagian kecil wilayah Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa.

Baca juga: BMKG: Kondisi Musim Hujan dan Kemarau Cenderung Normal Tahun 2020

Mei 2020

Sebanyak 38,3 persen wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau pada bulan Mei 2020, yaitu meliputi sebagian Bali, Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi.

Juni 2020

Sementara itu, ada sekitar 27,5 persen di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2020.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X