Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Para Pemudik Tahun Ini, Pemerintah Siapkan 9.000 Toilet di Rest Area

Kompas.com - 03/04/2024, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi melayani kebutuhan masyarakat yang melakukan mudik via jalan tol, pemerintah menyiapkan 9.000 toilet di rest area.

Kehadiran toilet yang cukup di rest area sangat diperlukan demi mencegah adanya antrian yang bisa membuat penumpukan kendaraan.

“Di 134 rest area yang ada telah disiapkan sebanyak 9.000 toilet,” papar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Layani Pemudik Lebaran, Pemerintah Siapkan 92 Rest Area di Pulau Jawa

Jumlah toilet tersebut, dikatakan terdiri dari toilet eksisting sebanyak 6.175 unit dan toilet tambahan sebanyak 2.833 unit.

Dari 134 rest area yang beroperasi, 70 diantaranya berlokasi di Tol Trans Jawa, yang terdiri dari 41 rest area tipe A, 27 tipe B dan 2 tipe C.


Sementara itu, terdapat 22 unit rest area di Tol Jabodetabek dan Non Trans Jawa, dan terdiri dari 18 rest area tipe A, 2 rest area tipe B dan 2 rest area tipe C.

Di Tol Trans Sumatera sendiri terdapat 38 unit rest area dengan rincian 22 rest area tipe A, 7 rest area tipe B dan 9 rest area tipe C.

Baca juga: Rest Area Jadi Salah Satu Penyebab Kemacetan di Jalan Tol

4 unit rest area sisanya berada di Jalan Tol Kalimantan dan Sulawesi, di mana ada 2 rest area tipe A dan 2 rest area tipe C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com