Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tol Kartasura-Klaten Tak Boleh Lebih dari 40 Kilometer Per Jam

Kompas.com - 03/04/2024, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2024.

PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintas.

Pasalnya, ruas tol ini masih dalam tahap konstruksi meskipun sudah bisa digunakan secara fungsional.

"Kecepatan kendaraan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam. Nanti ada rambu-rambu dan petugas Kepolisian. Kami juga memasang CCTV untuk memantau," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiasnyah dalam media briefing di Kantor Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Jasamarga juga akan menyediakan kendaraan derek, rescue, ambulans, hingga mobil patroli jalan raya.

"Standar operasional jalan kami siapkan. Jadi ada 11 armada dengan personel sekitar 20 orang yang akan stand by memastikan kelancaran pengguna jalan," imbuh Rudy.

Baca juga: Menilik Kesiapan Tol Kartasura-Klaten untuk Mudik Lebaran

Adapun ruas ini akan dioperasikan pada masa mudik dan balik Lebaran tanggal 5-15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB.

Rinciannya, tol akan dibuka satu arah pada masa mudik yakni tanggal 5-11 April 2024 dan dibuka satu arah pada masa balik tanggal 12-15 April 2024.

"Kondisi normal di jalan arteri biasanya (menghabiskan waktu perjalanan Kartasura-Klaten) 50 menit, melalui jalan fungsional ini bisa 25 menit. Jalan arteri pada weekend bahkan bisa 1-1,5 jam," tutur Rudy.

Ruas fungsional ini menggunakan perkerasan beton dan beberapa perkerasan aspal di jembatan.

Nantinya, akan tersedia toilet portabel di KM 13. Titik tersebut juga bisa digunakan oleh pemudik sebagai rest area sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com