Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Begini Kesiapan Tol Kartasura-Klaten Jelang Mudik Lebaran

Kompas.com - 03/04/2024, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada mudik dan balik Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan langsung Kompas.com di Tol Kartasura-Klaten pada Selasa (2/4/2024), ruas fungsional ini menggunakan perkerasan beton dan beberapa perkerasan aspal di jembatan.

PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) masih melakukan sejumlah pekerjaan, seperti pengaspalan di sejumlah titik jembatan, pemasangan rambu-rambu, hingga pembersihan jalan.

Artikel ini menjadi terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Rabu (3/4/2024).

Lantas, kapan ruas tol ini dioperasikan? Selanjutnya baca di sini Menilik Kesiapan Tol Kartasura-Klaten untuk Mudik Lebaran

Program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan di tahun 2024, bisa membawa 107.173 orang pulang ke kampung halamannya.

Selain orang, kuota mudik juga disediakan untuk 17.880 sepeda motor yang dibawa pulang oleh para pemudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meskipun jumlah kuota cukup terbatas, namun masyarakat tetap diberikan ruang untuk pulang ke kampung halamannya secara gratis.

Program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub dilakukan dengan tiga metode yakni dengan menggunakan bus, kereta api dan angkutan laut.

Lalu, bagaimana sistemnya?

Ulasannya dapat dicek di sini Mudik Gratis dari Kemenhub Bisa Bawa 107.173 Orang Pulang Kampung

PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) bersama Korlantas Polri meresmikan Command Center Km 188 di eks Kantor Gerbang Palimanan pada Senin (1/4/2024).

Proses peresmian dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Billy Perkasa Kadar, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan dan Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Triono Junoasmono.

Command Center Km 188 ini bertujuan sebagai lokasi pusat kendali operasional arus lalu lintas di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Selengkapnya baca di sini Pantau Arus Lalin Jabar, Command Center Km 188 Tol Cipali Diresmikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com