Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis dari Kemenhub Bisa Bawa 107.173 Orang Pulang Kampung

Kompas.com - 02/04/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan di tahun 2024, bisa membawa 107.173 orang pulang ke kampung halamannya.

Selain orang, kuota mudik juga disediakan untuk 17.880 sepeda motor yang dibawa pulang oleh para pemudik.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan meskipun jumlah kuota cukup terbatas, namun masyarakat tetap diberikan ruang untuk pulang ke kampung halamannya secara gratis.

“Jumlahnya relatif banyak tapi memang tidak bisa mengcover semua masyarakat.Kami tetap memberi ruang bagi masyarakat untuk melakukan mudik gratis,” jelas Menhub dalam dalam Rapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Menhub Imbau Masyarakat Hindari Mudik di H-4 dan H-3 Idul Fitri

Menurutnya, selain Kementerian Perhubungan, program mudik gratis juga dilaksanakan oleh Kementerian lain, BUMN, Kepolisian dan Pemerintah Daerah.

Untuk diketahui, program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kemenhub dilakukan dengan tiga metode yakni dengan menggunakan bus, kereta api dan angkutan laut.


Untuk moda transportasi bus, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan mudik gratis ke 33 kota tujuan dengan menyediakan 722 unit bus yang bisa menampung 30.088 orang.

Bersamaan dengan itu, disediakan pula 30 unit truk untuk membawa serta 900 unit sepeda motor milik para pemudik.

Baca juga: Tol Tamer, Cipali, dan Jombang-Mojokerto Bebas Konstruksi Saat Mudik

Sementara itu, Ditjen Perkeretaapian menyediakan mudik gratis bagi 28.196 penumpang dan
12.180 sepeda motor.

Untuk Ditjen Perhubungan Laut, kuota mudik yang disediakan untuk jalur Tanjung Priok-Tanjung Mas (PP) sebanyak 9.600 penumpang dan 4.800 sepeda motor.

Sedangkan 49 ruas trayek pelayaran angkutan laut (PP) yang dilakukan oleh PT. Dharma Indah (11 rute), PT. Pelayaran Sakti Makmur (3 rute). PT. Dharma Lautan Utama (5 rute) dan PT. Pelni (30 rute), yang bisa membawa total 39.289 penumpang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com