Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2024 Bisa Lewat Tol Kartasura-Klaten

Kompas.com - 02/04/2024, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SURAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer akan dioperasikan secara fungsional pada mudik Lebaran 2024.

Total panjang ruas fungsional tersebut bertambah dibandingkan pada masa mudik Natal 2023-Tahun Baru 2024 yang baru dibuka sepanjang 13 kilometer.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiansyah mengatakan, ruas tol fungsional ini akan dioperasikan pada 5-15 April 2024.

"Pada 5-11 April 2024 untuk arus mudik dan 12-15 April 2024 untuk arus balik," tutur Rudy dalam media briefing di Kantor Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Pengguna jalan tol bisa melintasi ruas fungsional ini pada pukul 06.00-17.00 WIB tanpa dipungut biaya atau gratis.

Sementara arus lalu lintas yang akan diberlakukan adalah satu arah dengan menggunakan satu jalur. Kendaraan yang boleh melintas adalah golongan I non-bus dan non-truk.

Jalan tol ini digadang bisa memangkas waktu tempuh perjalanan Kartasura-Klaten dari 50 menit lewat jalan nasional menjadi hanya sekitar 25 menit.

Baca juga: Pantau Arus Lalin Jabar, Command Center KM 188 Tol Cipali Diresmikan

Sebagai informasi, pada arus mudik, pengguna jalan yang datang dari arah Tol Trans-Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan ke ruas fungsional ini lewat Gerbang Tol (GT) Colomadu dan bisa keluar lewat GT Karanganom atau GT Klaten.

Untuk pengguna jalan dari arah arteri atau non-tol di sekitar Solo dan Boyolali, bisa masuk melalui GT Banyudono.

Sedangkan pada arus balik, pengguna jalan bisa masuk ke jalur fungsional lewat GT Karanganom dan GT Klaten untuk bisa melanjutkan perjalanan via jalan tol.

Jasa Marga juga memprediksi, volume lalu lintas di ruas fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan per jam dengan kecepatan laju kendaraan sekitar 40 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com