Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Pacitan-Lumajang, Merasakan Jalur Pansela dan Lintas Selatan Jatim

Kompas.com - 02/04/2024, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Usai mengeksplor keindahan alam di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Tim Merapah Trans-Jawa 2024 melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pada Senin (01/04/2024).

Dari pusat perkotaan Pacitan, kami bergerak ke arah timur menerjang hujan deras melalui Jalan Nasional dan Jalur Pantai Selatan (Pansela).

Kondisi permukaan jalannya secara umum sudah cukup mulus. Akan tetapi, topografi jalan yang berkelok, menanjak, dan menurun, perlu menjadi perhatian pengendara.

Apalagi, guyuran hujan mengakibatkan tanah dan bebatuan terbawa limpasan air dari atas bukit serta merangsek masuk ke beberapa titik ruas jalan.

Di beberapa titik itu pula, terlihat sejumlah orang sedang membersihkan ruas jalan dari tanah dan bebatuan yang berserakan.

Baca juga: Lintasi Jalur Pansela Pacitan, Menyisir Tepi Pantai Selatan

Dengan peristiwa ini, baiknya pengendara waspada saat melintasi Jalan Nasional dan Jalur Pansela di Pacitan dalam kondisi hujan.

Selepas itu, kami memasuki Jalur Pansela yang bersandingan dengan Pantai Soge. Tepat di sebrang pantai pula, sudah tersedia SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan bermotor.

Selain bisa menyaksikan Pantai Soge secara jelas, Jalur Pansela di Pacitan juga bersandingan dengan Pantai Genting.

Pemandangan saat perjalanan dari Pacitan ke Lumajang.Kompas.com/Muhdany Yusuf Laksono Pemandangan saat perjalanan dari Pacitan ke Lumajang.
Karena cuaca tak bersahabat membuat kami mengurungkan keinginan mengekslor kedua pantai, kendaraan pun terus melaju.

Topografi jalan masih tak jauh beda. Didominasi jalan berkelok, menanjak, dan menuruni bukit.

Kemudian secara perlahan, kendaraan Tim Merapah Trans-Jawa 2024 bergerak ke utara untuk pindah dari Jalur Pansela ke Jalur Lintas Selatan.

Kondisi Jalur Lintas Selatan di Tulungagung, Jawa Timur.Kompas.com/Muhdany Yusuf Laksono Kondisi Jalur Lintas Selatan di Tulungagung, Jawa Timur.
Adapun titik awal Jalur Lintas Selatan yang dilintasi tepatnya di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

Baru kemudian, menyusuri Jalur Lintas Selatan dengan rute Tulungagung-Blitar-Kabupaten Malang-Pronojiwo sebagai titik akhir perjalanan.

Kondisi Jalur Lintas Selatan menuju Pronojiwo juga sudah cukup mulus. Beberapa titik yang bergelombang tak begitu mengganggu perjalanan.

Lalu memasuki area perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, topografi jalan mulai berkelok-kelok, menajak dan menuruni bukit. Penerangan Jalan Umum (PJU) pun minim, sehingga gelap saat malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com