Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan Perjalanan Bandung-Cilacap, Jalan Berkelok dan Minim PJU

Kompas.com - 29/03/2024, 07:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2024 setelah keluar dari Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), yakni bergerak menuju Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Menyusuri Jalan Nasional Lintas Tengah Jabar dan Jateng, serta Jalan Penghubung Lintas Tengah dan Pantai Selatan (Pansela) Jateng.

Rute yang dilintasi yaitu dari Bandung melalui Jalur Nagreg-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Batas Provinsi Jateng-Cilacap.

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Kamis (28/03/2024), kondisi jalan secara keseluruhan sudah cukup mulus. Tidak ada kerusakan jalan yang kentara, hanya ada beberapa titik yang sedikit bergelombang.

Di sekitar jalanan juga tersaji pemandangan alam yang cukup asri, berupa pepohan hutan, perbukitan, dan pegunungan.

Selain itu, tempat makan dan musala juga sudah banyak tersedia di sepanjang jalan. Bisa menjadi tempat beristirahat sejenak dan mengisi perut.

Baca juga: Beda dari yang Lain, Ini Teknologi Konstruksi Semi Terowongan Nagreg

Kendati begitu, topografi jalan yang didominasi tanjakan, turunan, dan berkelok-kelok menjadi hal yang perlu diwaspadai para pengendara atau pemudik Lebaran.

Ditambah lagi kelengkapan fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) masih minim di sepanjang ruas jalan dari Bandung-Cilacap. Sehingga jalanan yang sangat gelap patut diwaspadai ketika melintas malam hari.

Baru kemudian memasuki area perkotaan di Kabupaten Cilacap, pengendara bisa melintas dengan nyaman karena sudah tersedia PJU.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Sjofva Rosliansjah juga telah mengonfirmasi bahwa kondisi jalan dari Nagreg sampai Tasikmalaya sudah mulus.

Namun, terdapat beberapa titik rawan macet, seperti di Pasar Limbangan dan Pasar Malangbong. Kemudian terdapat tanjakan yang perlu diwaspadai pengendara menuju Bandung.

"Tanjakan ada ke arah bandung di Tanjakan Gentong dan Nagreg," ujarnya kepada Kompas.com pada Kamis (28/03/2024).

Selain itu menurut dia, pengendara juga perlu waspada saat melintasi Jalur Nagreg-Tasikmalaya pada malam hari karena minimnya PJU.

"Benar (waspada saat melintasi Nagreg-Tasikmalaya saat malam hari karena minim PJU). PJU tanggung jawaban ke Kemen Perhubungan," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com