Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lintasi Jalur Pansela Pacitan, Menyisir Tepi Pantai Selatan

Kompas.com - 02/04/2024, 05:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

PACITAN, KOMPAS.com - "Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui". Peribahasa ini mungkin relevan dengan perasaan Tim Merapah Trans-Jawa 2024 kala melintas Jalur Pantai Selatan (Pansela) di Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Betapa tidak, dalam sekali melintas dapat menyaksikan dari dekat pesona sejumlah Pantai Selatan, seperti halnya Pantai Soge dan Pantai Genting.

Karena sejumlah Pantai Selatan itu bersandingan dengan Jalur Pansela di Pacitan. Tak terhalangan bangunan apapun.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com pada Senin (01/04/2024), Pantai Soge sudah terlihat dari atas ketika menuruni ruas jalan Jalur Pansela yang berjarak sekitar 25 kilometer arah timur pusat perkotaan Pacitan.

Setelah sampai pada kontur jalan mendatar, hamparan pasir dan pemandangan Pantai Soge yang berada di sela-sela pepohonan tampak jelas di mata.

Sayangnya, Kompas.com tidak memungkinkan untuk singgah di Pantak Soge karena guyuran hujan deras pagi itu.

Baca juga: Memukaunya Panorama Jalur Pansela di Yogyakarta

Sebagai informasi, di seberang Pantai Soge terdapat SPBU yang bisa digunakan mengisi bahan bakar sebelum melakukan perjalanan panjang.

Pantai Soge di sebelah Jalan Pansela Pacitan, Jawa TimurKOMPAS.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Pantai Soge di sebelah Jalan Pansela Pacitan, Jawa Timur
Usai melewati Pantai Soge, tak lama berselang, terlihat Pantai Genting yang bersandingan dengan Jalur Pansela Pacitan.

Sama halnya dengan Pantai Soge, hamparan pasir dan pemandangan Pantai Genting tampak jelas.

Namun lagi-lagi, cuaca yang tak bersahabat mengubur keinginan Kompas.com untuk mengeksplor sejenak kedua Pantai Selatan itu.

Kendati demikian, hal tersebut kembali menegaskan label "Panoramic Road" yang tersemat pada Jalur Pansela sudah cukup tepat.

Tak hanya memiliki permukaan jalan yang mulus dan lebar, Jalur Pansela bisa menjadi alternatif rute mudik yang tidak membosankan karena pengendara bisa sekaligus berwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com