BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Alam Sutera

Escala, Kaveling Komersial Ideal untuk Memulai dan Mengembangkan Bisnis

Kompas.com - 01/04/2024, 14:05 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemilihan lokasi tempat usaha, baik untuk bisnis baru maupun pembukaan cabang baru, memiliki tantangan tersendiri bagi setiap pelaku bisnis.

Sebab, lokasi tidak hanya menentukan kenyamanan dan kemudahan beroperasi, tapi juga berpengaruh pada potensi pasar, daya saing, serta profitabilitas.

Setidaknya, empat hal berikut perlu terpenuhi ketika mencari lokasi usaha.

Pertama, pilih lokasi yang mudah terlihat dan diakses oleh banyak orang, baik oleh kendaraan pribadi, umum, maupun pejalan kaki. Selain meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis, hal ini memudahkan pelanggan, karyawan, mitra, dan pemasok untuk menjangkau usaha Anda.

Kedua, pastikan lokasi berada di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi positif dan stabil, serta target pasar yang sesuai agar usaha berpotensi berkembang.

Baca juga: Bukan Hanya Ramai, Ini 5 Tips Memilih Lokasi Usaha Strategis

Ketiga, pastikan lokasi memiliki utilitas lengkap dan berkualitas, mulai dari air, listrik, gas, telepon, hingga internet. Aspek lain, seperti keamanan dan kebersihan, juga penting demi kenyamanan serta kelancaran operasional usaha. Ketersediaan lahan parkir yang memadai juga perlu menjadi pertimbangan.

Terakhir, pilih lokasi dengan konsep kawasan yang sesuai zaman dan citra bisnis. Hal ini dapat meningkatkan nilai tambah, estetika, identitas, dan daya tarik bagi pelanggan. Sebagai contoh, kawasan yang memenuhi aspek healthy living.

Kawasan itu biasanya memiliki beberapa fungsi area secara bersandingan, mulai dari bisnis, ritel, rekreasi, hingga ruang terbuka hijau (RTH). Membuka bisnis di kawasan tersebut berpeluang menarik minat lebih banyak pengunjung.

Kawasan komersial Escala dalam tahap pembangunan.
Dok. Alam Sutera Kawasan komersial Escala dalam tahap pembangunan.

Kaveling komersial ideal

Jika Anda hendak membuka bisnis atau berekspansi, Escala – Central Living District bisa menjadi pertimbangan karena mengakomodasi keempat aspek yang diperlukan dalam penentuan lokasi usaha.

Escala merupakan kaveling komersial seluas 19 hektare (ha) dengan lokasi strategis di jantung Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten. Tepatnya di Jalan Jalur Sutera Boulevard yang menjadi akses utama masuk keluar kawasan tersebut dan dapat ditempuh hanya 1 menit dari Tol Jakarta-Tangerang.

Dirancang sebagai sentra bisnis dan gaya hidup, Escala yang baru diluncurkan pada akhir 2023 menawarkan keseimbangan antara aktivitas ekonomi dan kualitas hidup.

Baca juga: Mengenal Escala, Kawasan Komersial Hijau di Jantung Alam Sutera

Keseimbangan itu terlihat dari area bisnis yang bersanding dengan sarana hijau, ritel, dan rekreasi. Gedung perkantoran, pertokoan, pusat kuliner, dan perbelanjaan pun memiliki jalur pedestrian dengan pepohonan teduh serta pemandangan hutan kota yang unik.

Ketersediaan sarana hijau diwujudkan Escala dengan menghadirkan Escala Park, hutan kota seluas hampir 4 ha di area tengah Escala.

Hutan tersebut bisa dimanfaatkan bagi kalangan profesional di sekitarnya yang mendambakan oase kesejukan alam, baik untuk mencari inspirasi di tengah kesibukan kantor maupun melepas penat. Publik juga dapat mengakses fasilitas ini.

Direktur Penjualan dan Pemasaran Lilia Sukotjo menuturkan, Escala memang didesain berbeda dari kawasan komersial pada umumnya. Kawasan ini tidak hanya memiliki RTH, tapi juga sejumlah fasilitas pendukung gaya hidup sehat, seperti taman, tempat olahraga, dan restoran sehat.

Rancangan pengembangan kawasan kaveling komersial Escala. 
Dok. Alam Sutera Rancangan pengembangan kawasan kaveling komersial Escala.

Untuk memudahkan para pebisnis dan investor, Escala dibagi menjadi empat blok komersial.

1. Blok A

Blok ini menempati posisi strategis di sudut barat daya Escala, tepat di persimpangan ramai Mall @ Alam Sutera, The Prominence, dan Gedung Synergy. Keunggulannya tak berhenti di situ. Blok A juga berdampingan dengan EleVee Penthouses & Residences dan berbatasan langsung dengan Escala Park.

EleVee sendiri dapat menjadi pilihan akomodasi bagi para pebisnis yang mendambakan kehidupan praktis dengan pemandangan alam yang cantik.

Kombinasi lokasi strategis dan akses mudah bagi pejalan kaki menjadikan Blok A sebagai tempat ideal bagi usaha kafe, restoran, dan retail karena memiliki pasar potensial.

2. Blok B

Blok ini juga berlokasi di area prestisius, yakni terletak di sisi utara Escala, tepat di jalan utama keluar masuk kawasan Alam Sutera.

Selain itu, blok ini menawarkan fleksibilitas pembangunan gedung dengan maksimal tinggi bangunan 138 meter. Jadi, cocok untuk berbagai keperluan bisnis, seperti hotel, kantor, showroom, ataupun sarana perbelanjaan.

3. Blok C

Blok ini menawarkan konsep unik dengan zona pedestrian yang luas dan pemandangan hijau dari Escala Park di selatan. Kaveling berukuran medium di blok ini cocok untuk usaha kuliner, showroom, pusat kebugaran, dan communal retail space yang dapat menampung beragam penyewa.

Posisi blok yang strategis dan ramah pejalan kaki menjadikannya pilihan tepat bagi para pelaku usaha yang ingin menjangkau pelanggan dengan mudah.

4. Blok D

Blok D Escala menawarkan lahan kaveling terluas dengan potensi pengembangan terpadu yang sangat fleksibel. Dengan demikian, Blok D dapat menampung populasi besar, baik dalam hal konsumen maupun sumber daya manusia.

Ditambah lagi, Blok D berada di lokasi paling strategis sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi entitas berskala besar, seperti perusahaan multinasional dengan banyak departemen operasional, pusat pendidikan, kompleks superblock, atau kompleks rekreasi raksasa.

Baca juga: Tiga Dekade Alam Sutera, Masterplan Tetap Konsisten Terapkan Ecological Planning Method

Sebagai informasi, Alam Sutera merupakan pengembang ternama dengan rekam jejak gemilang dalam menghadirkan sebuah konsep kawasan urban yang inovatif.

Seluruh kawasan hunian dan properti di Alam Sutera dirancang untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan kesejahteraan masyarakat dengan mengedepankan keseimbangan antara arsitektur dan alam.

Escala sendiri diproyeksikan menjadi katalis ekonomi kawasan Tangerang dan inspirasi nasional dalam membangun serta mengelola kawasan terpadu yang berkelanjutan.

Prestasi Alam Sutera pun dibuktikan dengan lebih dari 20 penghargaan bergengsi dalam enam tahun terakhir. Beberapa di antaranya adalah Golden Property Awards 2023 Best of The Best Township Scale Development, BCI Asia Top 10 Developer Award 2022 & TrenAsia ESG Excellence Award 2022.

Selain dekat dengan akses tol baik dari maupun menuju ke Jakarta dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Escala juga dikelilingi 37 klaster perumahan premium, apartemen, gedung perkantoran, hotel, universitas, dan pusat perbelanjaan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Escala, silakan klik tautan ini atau hubungi nomor +62 811 8801 775 Ikuti juga akun Instagram @escala.alamsutera untuk mengetahui informasi terbaru lain.


Terkini Lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com