Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, ATI Jamin Jalan Tol Bebas Lubang

Kompas.com - 02/04/2024, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menjamin bahwa kondisi jalan tol bebas lubang dan siap dilintasi oleh pengguna pada momentum mudik Lebaran 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ATI dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (1/4/2024).

"Kondisi jalan tol dipastikan baik, terbebaskan dari kerusakan, lubang dan berbagai pekerjaan perbaikan, memiliki perambuan lengkap, serta marka jalan yang terlihat jelas sehingga memungkinkan dilalui dengan baik," kata Ketua Umum ATI Subakti Syukur.

Adapun seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah mengonfirmasi untuk menyiagakan unit tambahan peralatan transaksi tol, kendaraan derek, ambulans, kendaraan patroli dan resque, kamera pantau hingga traffic management system.

"Hal sama untuk kesiapan petugas layanan yang akan tersebar membantu melayani para pengguna jalan tol," lanjut Subakti.

Sepanjang 1.782 kilometer jalan tol yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi mantap dan siap melayani pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran.

Baca juga: Diskon Tarif Tol 20 Persen Berlaku mulai 3 April, Catat Syaratnya

"Kami memastikan beberapa pekerjaan pemeliharaan di ruas-ruas tertentu, penambahan prasarana pendukung, telah siap sebelum periode arus mudik Lebaran berjalan. Semua BUJT anggota ATI siap melayani masyarakat pengguna jalan tol di seluruh Indonesia," tuturnya.

Mendukung rekayasa lalu lintas di beberapa area, ATI juga menyiapkan beberapa ruas tol fungsional.

Jelasnya, ruas tol fungsional tersebut akan dioperasikan berdasarkan arahan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, serta Korlantas Polri.

"Mohon para pengguna berhati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas lapangan," tuntas Subakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com