Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasi Sistem Pengumpulan Tol di MKTT, Kutepat, dan Inkis, Begini Mekanismenya

Kompas.com - 31/03/2024, 13:47 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akan diberlakukan integrasi sistem pengumpulan tol di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), dan Jalan Tol Indrapura-Kisaran (Inkis) mulai 2 April 2024 pukul 00.00 WIB.

Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol di wilayah Sumatera Utara serta memerhatikan ketersinambungan transaksi pengguna jalan tol.

Adapun ketiga ruas tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Implementasi atas integrasi di ruas-ruas tol tersebut salah satunya berdampak terhadap penonaktifan transaksi di Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi di Jalan Tol MKTT.

Sehingga, mekanisme transaksi akan berlaku sebagai berikut:

  • Pengguna jalan tol yang berasal dari Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), dan MKTT yang akan menuju Tol Tebing Tinggi-Indrapura atau Tol Inkis akan melakukan transaksi tapping gardu masuk di masing-masing ruas tersebut dan kemudian diloloskan di GT Tebing Tinggi untuk kemudian melakukan transaksi tapping gardu keluar di GT milik Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Inkis serta membayar tarif sesuai dengan asal tujuan.
  • Pengguna jalan tol yang berasal dari Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Inkis yang akan menuju Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belmera, dan MKTT akan melakukan transaksi tapping gardu masuk di masing-masing ruas tersebut dan kemudian diloloskan di GT Tebing Tinggi untuk kemudian melakukan transaksi tapping gardu keluar di GT milik Ruas Binjai-Stabat, Medan-Binjai, Belmera, dan MKTT serta membayar tarif sesuai dengan asal tujuan.

Baca juga: Ada Diskon Tarif Tol Tamer 10 Persen, Catat Tanggalnya

Sebagai informasi, Tol MKTT sepanjang 61,7 kilometer dikelola oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol dan telah beroperasi sejak 2017.

Ruas Tol Kutepat Seksi Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28,3 kilometer dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita telah beroperasi sejak November 2023.

Kemudian, Ruas Tol Inkis sepanjang 47,75 kilometer dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan telah beroperasi di Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) sejak November 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com