Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelak jika Tol Semarang-Demak Tuntas, Perjalanan Cuma 20 Menit

Kompas.com - 03/04/2024, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah mengebut pekerjaan proyek Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1A dengan progres per akhir Maret 2024 mencapai 31,47 persen.

Jika pembangunan infrastruktur konektivitas ini tuntas, maka perjalanan dari Semarang ke Demak yang semula membutuhkan waktu 1,5 jam menjadi 20 menit.

Menurut Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim, Hutama Karya berkomitmen menyelesaikan jalan tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini sesuai target.

"Sehingga, dapat segera memangkas waktu perjalanan dari Semarang menuju Demak yang selama ini ditempuh dalam waktu 1,5 jam menjadi 20 menit serta meningkatkan perekonomian setempat," ucapnya dalam siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Mudik Lewat Tol Kartasura-Klaten Gratis, Cek Waktu Operasionalnya

Adjib berpendapat, proyek ini berjalan dengan progres signifikan dari rencana awal dan ditargetkan selesai pada April 2025 mendatang.

Nantinya, difungsikan untuk memperlancar lalu lintas serta mencegah banjir rob di kawasan Kaligawe dan Sayung.

Pada H-10 Lebaran mendatang, perseroan akan mengoperasikan secara fungsional Jembatan Kaligawe Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1A untuk untuk mendukung konektivitas selama mudik Lebaran tahun 2024.

Jembatan ini difungsional agar arus mudik dapat berjalan lancar, dimana pekerjaan lainnya akan dihentikan selama arus mudik dan balik lebaran.

Contohnya, pada jembatan juga terpasang rambu-rambu, serta kelengkapan jalan lainnya seperti marka, water barrier, concrete barrier, penerangan jalan hingga informasi lalu lintas dalam bentuk spanduk.

"Selain itu, Hutama Karya juga membuka posko pantau untuk memonitor arus lalu lintas sekaligus kondisi area utama pekerjaan," tutup Adjib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com