Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-10 Lebaran, Jembatan Kaligawe Tol Semarang-Demak Siap Digunakan

Kompas.com - 03/04/2024, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan secara fungsional Jembatan Kaligawe Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1A untuk untuk mendukung konektivitas selama mudik Lebaran tahun 2024.

Jembatan ini akan difungsionalkan sejak H-10 lebaran agar arus mudik dapat berjalan lancar, dimana pekerjaan lainnya akan dihentikan selama arus mudik dan balik lebaran.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan hal ini dalam siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Menurut Adjib, pada jembatan juga terpasang rambu-rambu, serta kelengkapan jalan lainnya seperti marka, water barrier, concrete barrier, penerangan jalan hingga informasi lalu lintas dalam bentuk spanduk.

"Selain itu, Hutama Karya juga membuka posko pantau untuk memonitor arus lalu lintas sekaligus kondisi area utama pekerjaan," ungkap Adjib.

Baca juga: Senin Besok, Tarif Tol Semarang-Solo Resmi Naik, Ini Rinciannya

Hutama Karya mengerjakan tiga bagian yaitu jembatan Kaligawe, approach (jembatan peralihan dari jembatan Kaligawe menuju jalan layang) serta elevated (struktur tol jalan
layang) sepanjang 1,75 kilometer.

“Proyek ini berjalan dengan progres signifikan dari rencana awal dan ditargetkan selesai pada April 2025 mendatang dan nantinya difungsikan untuk memperlancar lalu lintas serta mencegah banjir rob di kawasan Kaligawe dan Sayung,” ujar Adjib.

Adapun jalan tol ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan jaringan jalan di wilayah pantai utara Provinsi Jawa Tengah, sebagai solusi permasalahan banjir rob di kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Selain itu, beberapa daerah Pantai Utara Jawa (Pantura) yang disebabkan oleh kombinasi antara perubahan iklim dan penurunan muka tanah.

Sebagai tanggul laut, tol ini akan dilengkapi dengan kolam retensi sehingga menjadi keunikan tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com