Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

H-10 Lebaran, Jembatan Kaligawe Tol Semarang-Demak Siap Digunakan

Jembatan ini akan difungsionalkan sejak H-10 lebaran agar arus mudik dapat berjalan lancar, dimana pekerjaan lainnya akan dihentikan selama arus mudik dan balik lebaran.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan hal ini dalam siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Menurut Adjib, pada jembatan juga terpasang rambu-rambu, serta kelengkapan jalan lainnya seperti marka, water barrier, concrete barrier, penerangan jalan hingga informasi lalu lintas dalam bentuk spanduk.

"Selain itu, Hutama Karya juga membuka posko pantau untuk memonitor arus lalu lintas sekaligus kondisi area utama pekerjaan," ungkap Adjib.

Hutama Karya mengerjakan tiga bagian yaitu jembatan Kaligawe, approach (jembatan peralihan dari jembatan Kaligawe menuju jalan layang) serta elevated (struktur tol jalan
layang) sepanjang 1,75 kilometer.

Adapun jalan tol ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan jaringan jalan di wilayah pantai utara Provinsi Jawa Tengah, sebagai solusi permasalahan banjir rob di kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Selain itu, beberapa daerah Pantai Utara Jawa (Pantura) yang disebabkan oleh kombinasi antara perubahan iklim dan penurunan muka tanah.

Sebagai tanggul laut, tol ini akan dilengkapi dengan kolam retensi sehingga menjadi keunikan tersendiri.

https://www.kompas.com/properti/read/2024/04/03/143000921/h-10-lebaran-jembatan-kaligawe-tol-semarang-demak-siap-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke