Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target PTSL, AHY Minta Tambahan Anggaran ke Sri Mulyani

Kompas.com - 03/04/2024, 17:21 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta tambahan anggaran tahun 2024 kepada Kementerian Keuangan.

Hal ini salah satunya dalam rangka mendukung tercapainya target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024 sebanyak 120 juta bidang.

Pasalnya, anggaran Kementerian ATR/BPN saat ini hanya cukup untuk menyelesaikan pendaftaran 3-4 juta bidang tanah.

Sementara, target PTSL tahun 2024 masih kurang 9 juta bidang tanah lagi atau capaiannya baru sekitar 111 juta bidang tanah.

"Saya sudah laporkan dan memohon secara tertulis dan langsung kepada Menteri Keuangan (Sri Mulyani) dan juga saya sampaikan secara terbuka di dalam rapat dengan Komisi II DPR RI," ucap AHY saat ditemui usai menyerahkan sertifikat tanah wakaf di Jakarta Selatan, Rabu (3/4/2024).

Adapun dalam Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Kementerian ATR/BPN di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, pada Senin (25/3/2024), AHY melaporkan telah meminta penambahan anggaran sebesar Rp 675,89 miliar tahun 2024.

Baca juga: AHY Resmi Deklarasi Jakarta Selatan Jadi Kota Lengkap

Di mana sebelumnya, Kementerian ATR/BPN memiliki pagu anggaran sebesar Rp 7,58 triliun pada tahun 2024.

"Namun, dalam rangka meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kita juga, kami telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan agar Kementerian ATR/BPN dapat penambahan anggaran sebesar Rp 675,89 miliar yang dialokasikan untuk PTSL, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), penyiapan 104 kabupaten/kota lengkap, dan transformasi digital," jelas AHY.

Khusus PTSL, anggaran tambahan yang dibutuhkan adalah sebanyak Rp 350 miliar untuk lahan seluas 717,02 hektare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com