Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Resmi Deklarasi Jakarta Selatan Jadi Kota Lengkap

Kompas.com - 02/04/2024, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap, Selasa (2/4/2024).

"Pada kesempatan hari ini, kita juga akan mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap menyusul tiga kota administrasi lainnya yang telah terlebih dahulu ditetapkan sebagai Kota Lengkap di DKI Jakarta," terang AHY dalam sambutannya pada acara tersebut di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Tiga kota administrasi DKI Jakarta yang telah ditetapkan Kota Lengkap yang dimaksud yakni Jakarta Utara, Jakarta Pusat, serta Jakarta Barat.

Sementara untuk Kota Administrasi Jakarta Timur akan segera menyusul menjadi Kota Lengkap dalam beberapa bulan ke depan.

AHY menjelaskan, status Kota Lengkap berarti semua area bidang tanah di suatu kota sudah terdata dan terpetakan.

Baca juga: AHY Kejar 104 Kabupaten/Kota Se-Indonesia Jadi Lengkap

"Ini penting, ini sebuah langkah yang mendasar karena sebelum kita bisa menyelesaikan sejumlah permasalahan dalam urusan pertanahan dan juga tata ruang terlebih dahulu, tentu kita ingin secara administrasi, secara spasial itu sudah terpetakan dengan baik," lanjut dia.

Dengan demikian, Pemerintah dapat dengan mudah melaksanakan penanganan jika ada overlapping (tumpang tindih) satu tanah dengan yang lain.

Ini baik tanah milik warga, pemerintah, swasta, atau berbenturan antar-elemen tersebut.

"Jadi, saya ucapkan selamat kepada Bapak Pj Gubernur DKI Jakarta (Heru Budi Hartono), terutama jajaran Kota Jakarta Selatan. Kami siap bersinergi dan berkolaborasi," tutur AHY.

Adapun Kota Administratif Jakarta Selatan dinyatakan sebagai Kota Lengkap ke-15 menyusul kota-kota di Indonesia lainnya.

Tahun 2024, dirinya mengejar target agar 104 Kabupaten/Kota di Indonesia menjadi Kota Lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com