Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Diprediksi 6 April 2024, Dilintasi 259.000 Kendaraan

Kompas.com - 21/03/2024, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada 6 April 2024 atau H-4 Lebaran 2024.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, 259.000 kendaraan diprediksi akan melintasi gerbang tol (GT) utama pada momentum tersebut.

"Arus mudik 6 April kita prediksi akan naik 0,03 persen dari tahun lalu. Berarti, kalau tahun lalu kita sampaikan itu menjadi suatu puncaknya dalam sejarah ada mobilisasi tertinggi," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Saldo Kurang di Tol, Jasa Marga Siapkan Petugas di Lokasi Ini

Sementara puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 15 April 2024 atau H+5 Lebaran 2024.

Diprediksi, jumlah kendaraan akan mencapai 300.000 kendaraan di empat GT utama atau melonjak 131 persen dari kondisi normal.

Dengan adanya lonjakan kendaraan yang tinggi menuju maupun dari Jalan Tol Trans-Jawa dan Bandung tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi oleh pengguna jalan yaitu di KM 66 Tol Japek.

Lisye mengutarakan, ini merupakan pertemuan kendaraan menuju/dari Bandung dan Cikampek menuju/dari Jakarta.

"Hal ini dapat terlihat dari jumlah volume lalu lintas di titik ini yang diprediksi meningkat hingga 118 persen pada puncak arus mudik dan 117 persen pada puncak arus balik,” imbuh Lisye.

Perseroan akan menyiagakan petugas bagi pengguna jalan tol yang kekurangan saldo uang elektronik (UE) agar bisa melakukan top-up (menambah saldo) saat mudik Lebaran 2024.

Akan tetapi, hanya berada di lokasi-lokasi tertentu seperti pinggir kanan maupun kiri jalan tol, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, maupun gardu tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com