Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang LRT Jabodebek Boleh Buka Puasa di Dalam Kereta

Kompas.com - 12/03/2024, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Bertepatan dengan masuknya bulan Ramadan 1445 Hijriah yang dimulai pada Selasa (12/03/2024), KAI memberlakukan aturan khusus bagi para pengguna LRT Jabodebek.

Aturan khusus ini berupa diperbolehkannya pengguna berbuka puasa dengan makanan dan minuman ringan di dalam rangkaian LRT Jabodebek.

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono menyampaikan, pemberlakuan aturan ini merupakan bentuk toleransi kepada pengguna jasa LRT Jabodebek yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, agar pengguna dapat leluasa berbuka di tengah perjalanannya menggunakan LRT Jabodebek.

"Pengguna diperbolehkan makan dan minum mulai waktu berbuka puasa hingga satu jam setelahnya," jelasnya dikutip dari laman resmi KAI.

Baca juga: Penumpang LRT Jabodebek Sudah Tembus 7 Juta Orang

Bersamaan dengan pemberlakuan aturan ini, petugas yang bertugas di dalam rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun turut berperan aktif memberikan informasi kepada para pengguna bila waktu berbuka puasa telah tiba.

KAI juga mengimbau agar pengguna tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan perjalanan LRT Jabodebek dan pengguna lainnya dengan menghindari makanan yang berbau menyengat dan makanan berat terutama saat waktu berbuka tiba, serta menyimpan dan membuang sampah bekas makanannya sampai stasiun tujuan.

Pada bulan Ramadan kali ini, KAI juga akan membagikan takjil gratis di beberapa stasiun LRT Jabodebek secara bergantian pada tanggal 15, 19, dan 22 Maret 2024.

KAI juga menyediakan fasilitas air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna di 18 stasiun LRT Jabodebek.

Selama Ramadan waktu layanan operasional LRT Jabodebek tetap berjalan normal. KAI mengoperasikan 308 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) dan 260 perjalanan pada akhir pekan (weekend), cuti bersama, serta hari libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com