Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

730.727 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Nyepi

Kompas.com - 10/03/2024, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 730.727 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2024  atau 8-12 Maret 2024.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,7 persen jika dibandingkan kondisi normal.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, Jasa Marga mencatat dari ketiga arah yaitu sebanyak 340.906 kendaraan atau 46,7 persen menuju arah Trans Jawa dan Bandung, dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung.

Kemudian 205.702 kendaraan (28,1 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 184.119 kendaraan (25,2 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, dalam mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2024, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol berjalan dengan optimal.

Baca juga: UPDATE Proyek Jalan Tol, Mulai Getaci hingga Tol Puncak

Hal ini terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi tujuan favorit masyarakat, apalagi perayaan Hari Raya Nyepi 2024 berdekatan dengan momen awal Ramadan.

"Kami telah memastikan dengan maksimal keberfungsian peralatan tol di gardu, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di GT Utama," ujar Lisye dikutip dari keterangan resmi.

Selain itu, Jasa Marga juga menempatkan petugas dan kendaraan di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur, serta bisa mengatur lalu lintas dengan lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com