Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

122.948 Kendaraan Menuju Puncak via Tol Jagorawi saat Libur Nyepi

Kompas.com - 25/03/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 122.948 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju arah selatan atau Puncak lewat Gerbang Tol (GT) Ciawi Jalan Tol Jagorawi pada H-1 hingga H+2 Nyepi 2023 atau 21-24 Maret 2023.

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk, jumlah tersebut lebih rendah sebesar 5,2 persen dari lalu lintas (lalin) normal.

Kemudian ada 107.888 kendaraan menuju arah Trans-Jawa melalui GT Cikampek Utama Tol Japek. Angka tersebut lebih rendah 2,6 persen dari lalin normal.

Lalu ada 120.434 kendaraan dari Jabotabek menuju arah Bandung lewat GT Kalihurip Utama Tol Cipularang yang mana lebih rendah 2,6 persen dari lalin normal.

Sehingga total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans-Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 228.322 kendaraan.

Selanjutnya ada sebanyak 185.265 kendaraan menuju arah Merak melalui GT Cikupa Tol Tangerang-Merak yang angkanya lebih rendah 4,1 persen dari lalin normal.

Secara keseluruhan, Jasa Marga mencatat ada 536.535 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode tersebut.

Baca juga: Kabar Gembira, Bandung-Kertajati Tersambung Tol Cisumdawu 15 April

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini lebih rendah 3,7 persen jika dibandingkan lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Informasi lalin terkini dan permintaan pelayanan lalin jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com