Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspansi Bisnis Golf dan Properti, Darma Mangkuluhur Siapkan Rp 1,2 Triliun

Kompas.com - 06/02/2024, 13:34 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Intra Golflink Resorts (IGR) tengah menggodok rencana ekpansi bisnis lapangan golf baru dan properti.

Komisaris IGR Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan putra pertama Tommy Soeharto mengatakan, IGR menyiapkan dana investasi mencapai Rp 1,2 triliun.

Ekapansi bisnis ini terbagi menjadi dua proyek, yakni pengembangan lapangan golf baru di dekat Palm Hills Golf Club, Sentul, Bogor, Jawa Barat, beserta pengembangan residensial, dan pembangunan boutique luxury hotel serta revitalisasi hotel dan vila di sekitar New Kuta Golf Bali.

"Untuk sekarang kami Rp 1,2 triliun itu 40 persen kami alokasikan ke Sentul dan 60 persen kami alokasikan ke Bali," jelas Darma menjawab Kompas.com dalam media gathering di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Secara rinci, lapangan golf baru akan berdiri di lahan seluas 70 hektar dan berjarak sekitar 9 kilometer dari Palm Hills Golf Club, Sentul.

Sementara, di lapangan golf lama akan digunakan untuk pengembangan 13 klaster residensial dengan total luas lahan mencapai 95 hektar. Untuk pengembangan residensial ini, IGR bekerja sama dengan Triniti Land.

Baca juga: Ciputra Bangun Kawasan Terintegrasi di IKN, Ada Hunian dan Lapangan Golf

"Dari residensial dengan Trinityland kami membidik kerja sama kurang lebih sampai dengan tahun 2027 senilai Rp 1,3 triliun," tutur Direktur Utama IGR Dwi Febri Astuti dalam kesempatan yang sama.

Febri juga menjelaskan bahwa pertumbuhan bisnis IGR dalam tiga tahun terakhir terpantau baik, yang tercermin lewat peningkatan jumlah pemain golf di tiga lapangan golf milik IGR.

Total round dari tiga lapangan golf IGR pada tahun 2020 adalah sebanyak 88.331 orang dan meningkat menjadi 124.020 orang pada tahun 2023.

"Pertumbuhan revenue kita sangat baik, Grup Intra Golflink revenue dari golf itu mencapai lebih dari Rp 100 miliar pada tahun 2023," tuntas Febri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com