Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Finalis Kompetisi Asia Young Designer Awards 2023-2024

Kompas.com - 29/01/2024, 09:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki tahun ke-16 penyelenggaraan Asia Young Designer Awards (AYDA Awards), mendulang respons dan antusiasme sangat tinggi dari para peserta kompetisi calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia.

Hal itu terlihat dari banyaknya hasil karya yang masuk berjumlah 349 (non-duplikasi) dan telah memasuki babak Top 5 Final.

AYDA Awards, kompetisi desain tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Nippon Paint yang bekerjasama dengan para profesional industri arsitektur dan desain interior, merupakan platform yang mengembangkan kapabilitas bagi para desainer muda dan ajang networking agar mampu bersaing di tingkat global.

Marketing Manager Nippon Paint Indonesia Linda Kam mengatakan, sebelum memasuki babak final, para desainer muda dibekali wawasan dan bimbingan secara langsung oleh para desainer profesional.

Baca juga: Ketika Karya Arsitektur Pusat Belanja Mengubah Rona Kota

Setiap tahun, Nippon Paint Indonesia mengirimkan satu perwakilan dari kategori Arsitektur dan Desain Interior untuk bersaing dengan 15 negara lainnya.

"Pada ajang AYDA International Summit tahun ini akan digelar di Chennai, India, 3-5 Juli 2024 untuk memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year," ujar Linda.

Sebagai persiapan menuju Grand Finals AYDA Indonesia 2023/24 pada 7 Februari 2024 di Taman Ismail Marzuki Jakarta, perusahaan telah mengadakan coaching session (sesi bimbingan dan pelatihan) para finalis.

“Selain coaching session, peserta juga mendapatkan public speaking class untuk berlatih presentasi dan di depan umum,” tambah Linda.

Adapun para juri dalam penyelenggaran AYDA Awards kali ini adalah juri kategori arsitektur Anto Sudaryanto (Spinindo Mitradaya), E. Ary Witjaksono (Airmas Asri), Henrico Nasroen (Arkonin), dan Joe Willendra (W Office).

Baca juga: 4 Warna Utama yang Jadi Simbol dalam Arsitektur Islam

Sementara juri kategori desain terdiri dari Aghnia Fuad (Suasana Studio), Chrisye Octaviani (Bitte Design Studio),  Grace Hartanti (Grace Hartanti Design Lab), dan Ibam Arafi (D&B Consultant0.

Dari total 349 partisipan telah terseleksi lima orang finalis dari masing-masing kategori, yaitu:

Top 5 Finalis Kategori Arsitektur AYDA Awards Indonesia 2023-24:

  1. Rakha Efriza-Institut Teknologi Sumatera
  2. M Fajri Azwar Nurbangsa-Institut Teknologi Sumatera
  3. Bima Juliansyah-Universitas Brawijaya
  4. Fihir Alkautsar-UPN Veteran Jawa Timur
  5. Kelvin-Universitas Sumatera Utara

Top 5 Finalis Kategori Desain Interior AYDA Awards Indonesia 2023-24:

  1. Darwis Jayadi-Universitas Bina Nusantara
  2. Alifiah Azzahrah-Telkom University
  3. Ni Luh Made Adelia Meysa Putri-Institut Desain & Bisnis Bali
  4. Jesscia Graciella Christy-Universitas Pelita Harapan
  5. Andi Pricilia Yunita-Universitas Ciputra Surabaya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com