Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Properti di Lima Kota Ini Diprediksi Paling Moncer Tahun 2024

Kompas.com - 19/01/2024, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Knight Frank Indonesia menilai terdapat lima kota di Indonesia yang akan memiliki prospek pertumbuhan properti paling tinggi pada tahun 2024.

Hal itu berdasarkan temuan dari hasil survei yang telah dirangkum oleh Knight Frank Indonesia usai mendapatkan pandangan para pemangku kepentingan pada akhir tahun 2023.

Dikutip dari keterangan tertulis pada Kamis (18/01/2024), lima kota yang diprediksi sebagai Top 5 Cities pertumbuhan properti tahun ini ialah Jakarta, Ibu Kota Nusantara (IKN), Bali, Surabaya, dan Tangerang.

Sementara itu, sektor energi terbarukan, logistik, dan ecommerce dipercaya sebagai sektor bisnis yang memiliki daya ungkit positif terhadap pertumbuhan properti tahun ini.

Namun, para pemangku kepentingan mengingatkan bahwa, resesi global, kenaikan suku bunga, dan perubahan kebijakan dari pemerintah yang baru, diperkirakan akan menjadi tantangan dalam pertumbuhan properti tahun ini.

Baca juga: Meski Dihantui Kenaikan Suku Bunga, Rumah Tapak Bakal Tetap Bergairah

Country Head Knight Frank Indonesia, Willson Kalip menyampaikan, pertumbuhan properti tahun 2024 akan diwarnai dengan tumbuhnya tren-tren baru yang menyesuaikan dinamika pasar properti.

Seperti kehadiran green building dan digitalisasi pemasaran yang semakin marak untuk menangkap konsumen milenial.

"Sejalan dengan itu, pengembangan infrastruktur di luar Pulau Jawa mendorong pertumbuhan properti yang lebih baik di luar Pulau Jawa, diikuti dengan inovasi dan diversifikasi produk yang menjadi navigasi yang terus diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pasar properti saat ini," tutup Wilson Kalip.

Adapun secara umum, sektor properti di Indonesia dinilai masih akan menunjukkan tren pertumbuhan pada tahun 2024.

Sebagian besar para pemangku kepentingan (67 persen) optimistis bahwa sektor properti akan mampu menjawab tantangan ekonomi pada tahun 2024.

Sementara itu, insentif PPN DTP dinilai memberi dampak positif dalam pertumbuhan properti pada akhir tahun 2023. Setidaknya 73 persen menyatakan hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com