Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Kementerian PUPR Buka Suara soal Basuki yang Dikabarkan Mundur dari Kabinet

Kompas.com - 19/01/2024, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zainal Fatah memberi tanggapan soal tuntutan Ekonom Senior dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri yang menyerukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Zainal Fatah mengaku dirinya belum mengetahui hal tersebut, bahkan belum bertemu dengan Menteri Basuki sejak pulang dari agenda groundbreaking IKN tahap empat, Rabu (17/1/2024).

"Belum tahu, saya juga belum ketemu Pak Menteri sejak hari lalu," ucap Zainal Fatah saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Zainal Fatah juga menegaskan, dirinya belum mendapatkan informasi dari Menteri Basuki mengenai isu tersebut.

"Saya belum pernah dengar dari Pak Menteri," lanjut Zainal.

Tegasnya, Kementerian PUPR akan memastikan seluruh tugas pembangunan infrastruktur yang diberikan akan diselesaikan dengan baik.

Baca informasi lengkapnya di sini Tanggapan Kementerian PUPR soal Basuki yang Diminta Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa sudah ada enam hotel yang kini sedang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikannya saat melaksanakan groundbreaking (peletakan batu pertama) Jambuluwuk Nusantara Hotel pada Rabu (17/01/2024).

"Hotel Jambuluwuk dan Resort ini adalah yang keenam, ini sudah (hotel) yang keenam," ujar Jokowi dikutip dari tayangan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dengan demikian, hotel besutan Jambuluwuk Ini akan menambah jumlah hotel yang beroperasi di IKN dan menambah ketersediaan kamar hotel.

"Sehingga tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan mendapatkan akomodasi," tukasnya.

Baca informasi lengkapnya di sini Sudah Ada Enam Hotel yang Dibangun di IKN, Apa Saja?

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jalan tol dari Pontianak, Kalimantan Barat ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi V DPR RI bersama Kementerian PUPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

"Kalau dalam waktu panjang ya kita mesti bikin dari timur ke barat, dari Pontianak menuju ke Balikpapan, menuju ke IKN, itu kita bisa bangun jalan tol," ujar Lasarus saat ditemui usai rapat.

Ini akan memudahkan masyarakat dari Pontianak yang hendak menuju IKN, sehingga tidak harus menggunakan pesawat.

"Sekarang orang mesti naik pesawat ke Jakarta dulu, dari Pontianak-Jakarta-Samarinda, enggak ada penerbangan langsung," lanjut Lasarus.

Baca informasi lengkapnya di sini DPR Minta Kementerian PUPR Bangun Tol dari Pontianak ke IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com