Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2024, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur siap beroperasi pada Juni 2024.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam tinjauan kerjanya pada Kamis (18/1/2024).

Menteri Basuki berpesan agar pekerjaan konstruksi dilaksanakan secara detail dan cepat dengan memerhatikan kualitas dan ketepatan desain.

"Jaringan IPA ini adalah sumber air minum utama bagi seluruh penduduk Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya. Jadi konstruksinya harus dilakukan secara hati-hati, pengawasannya harus lebih intens," kata Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

Pada tahap pertama sedang dibangun IPA berkapasitas 300 liter per detik yang diambil dari Intake Sungai Sepaku.

IPA tersebut juga dilengkapi pembangunan dua reservoir induk dengan kapasitas masing-masing 6.000 meter kubik dan bangunan pendukung.

Baca juga: DPR Minta Kementerian PUPR Bangun Tol dari Pontianak ke IKN

"IPA tersebut akan dilengkapi jaringan perpipaan dengan panjang sekitar 20 kilometer ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Pembangunan IPA Sepaku Semoi tahap satu dilaksanakan oleh PT Adhi Karya-PT Brantas Abipraya KSO selaku kontraktor pelaksana dan KSO PT Virama Karya-Areng MP-PT Waseco Tirta selaku konsultan manajemen konstruksi dengan biaya sebesar Rp 328,18 miliar.

"Untuk progres pembangunannya hingga saat ini telah mencapai 28,8 persen. Ditargetkan bisa mulai dioperasikan pada Juni 2024," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com