Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2024, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah resmi dimulai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (17/01/2024).

Memorial Park dibangun sebagai wujud penghormatan sekaligus mengenang jasa para pahwlawan dan pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Memorial Park IKN akan dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan 'pecahnya telur' perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pahlawan proklamator Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

"Sosok Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Mohammad Hatta diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter yang mengisahkan tentang semangat dan pemikiran beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia," jelasnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Gereja, Katedral, Wihara, Pura, dan Kelenteng Akan Dibangun di IKN

Memorial Park IKN dibangun oleh Nindya Karya-Penta, KSO, dengan biaya Rp 361 miliar dan ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Ilustrasi desain Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN).Dok. Kementerian PUPR Ilustrasi desain Memorial Park di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Area Memorial Park memiliki luas 2.034,00 meter persegi, terdiri dari area altar seluas 1.690 meter persegi dan akses tangga seluas 344 meter persegi, serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap.

Diana melanjutkan, Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektar yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di KIPP IKN setelah Istana Presiden.

"Selain Memorial Park, pada kawasan Beranda Nusantara ini nantinya juga akan dibangun Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara, terkoneksi dengan forest trail yang mengusung konsep keberagaman wilayah Indonesia," tutup Diana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com