Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2024, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah rumah ibadah akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal ini dalam groundbreaking Masjid Negara di IKN pada Rabu (17/1/2024).

"Di kawasan ini bukan hanya masjid yang dibangun, tetapi juga gereja, katedral, wihara, pura, kelenteng," ujar Presiden Jokowi, dikutip dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden (Setpres).

Menurut Jokowi, hal tersebut akan menunjukkan keragaman keyakinan masyarakat Indonesia yang tetap mampu hidup dengan rukun.

"Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam, tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di Negara kita," lanjut Jokowi.

Sementara itu, Masjid Negara di IKN diperkirakan bisa menampung 61.000 jamaah. Di sekitar masjid nantinya juga akan dikelilingi air dengan adanya embung buatan.

Baca juga: Basuki Minta IPAL dan TPST di IKN Beroperasi Agustus 2024

"Sehingga saya membayangkan masjid ini adalah masjid yang akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam," katanya.

Dengan nilai konstruksi Rp 940 miliar, Masjid Negara di IKN dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lanskap, utilitas, serta jalan dan jembatan.

"Dibangun kurang lebih 400 hari kalender, ditargetkan akhir tahun ini, saya dibisiki bisa selesai, Insya Allah bisa selesai," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com