Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih Tarif Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang Sudah Resmi Beroperasi

Kompas.com - 08/01/2024, 15:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Kota Depok, Jawa Barat telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (8/1/2024).

Sehingga pada siang ini, jalan tol yang dikelola oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tersebut akan kembali dibuka untuk umum setelah sebelumnya ditutup sementara jelang peresmian.

Rangkaian ruas jalan tol sepanjang 14,8 kilometer tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Miftachul Munir mengatakan, Tol Cijago menggunakan tarif terbuka Rp 15.000 sejak tanggal 5 Januari 2024.

"Tol Cijago sistem terbuka, jadi jauh dekat keluar di beberapa exit angkanya Rp 15.000," tutur Munir saat ditemui usai peresmian.

Berbeda dengan Tol Cijago, Tol Serpong-Cinere masih belum bertarif karena menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR.

"Untuk Tol Serpong-Cinere yang Seksi 2 itu masih belum bertarif, masih nunggu SK Menteri," imbuh Munir.

Baca juga: APBN Rp 7,7 Triliun Habis buat Bebaskan Lahan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Diperkirakan SK Menteri PUPR terkait tarif Tol Serpong-Cinere akan keluar dua pekan mendatang.

Sebagai informasi, Tol Cijago terdiri dari Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 kilometer yang telah beroperasi pada Februari 2012, Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer yang telah beroperasi pada Januari 2020.

Kemudian Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,25 kilometer telah beroperasi pada Desember 2022, dan Seksi 3B Junction Krukut-Limo sepanjang 2,19 kilometer.

Sedangkan Tol Serpong-Cinere terdiri dari Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang telah beroperasi sejak April 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,6  kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com