Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suplai Bahan Baku Tol Serang-Panimbang Rampung Januari Ini

Kompas.com - 04/01/2024, 18:28 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOM{AS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dipercaya untuk menyuplai produk spun pile atau tiang pancang dalam proyek pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3.

Proyek ini didapat dari pemilik proyek PT Sino Road and Bridge Group CO(SRBGC)-WIKA- ADHI (JO) pada 1 November 2023.

Untuk memperlancar proses pengerjaan proyek, Waskita Beton berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh proses pengiriman tiang pancang di Januari 2024.

Vice President of Corporate Secretary Waskita Beton Fandy Dewanto mengatakan, spun pile yang disuplai berasal dari Plant Karawang, dengan total sebanyak 416 batang.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Akan Beroperasi Penuh Tahun 2025

“Kami produksi spun pile berdiameter 800 mm dengan panjang 14 m untuk memenuhi nilai kontrak sebesar Rp 7,49 miliar,” ujar Fandy dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Proses produksi telah dimulai sejak November 2023 dan secara bertahap dikirimkan melalui jalur darat menggunakan truk trailer pada November 2023

“Saat ini progress produksi sudah mencapai 100 persen. Sedangkan progress pengiriman sudah mencapai 57,57 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Januari ini," imbuh Fandy.

Baca juga: Tol Jakarta-Merak dan Serang-Rangkasbitung Dinilai, Ini Pesan Basuki

Menurut Fandy, spesifikasi spun pile yang diproduksi oleh Waskita Beton dapat mempermudah dalam proses pemancangan dan menghasilkan bangunan yang kokoh dalam waktu jangka panjang.

Tidak hanya itu, Waskita Beton juga selalu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan tata kelola manajemen risiko dalam setiap kegiatan operasional yang dilaksanakan.

“Kami pastikan produksi dan pekerjaan suplai berjalan sesuai rencana target yang ditetapkan,” tegas Fandy.

Kehadiran jalan tol Serang-Panimbang akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Banten, termasuk sektor industri dan pariwisata.

Apalagi tol ini akan menjadi akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Serang–Panimbang terdiri dari 3 seksi. Seksi 1 menghubungkan Serang–Rangkasbitung sepanjang 26,50 kilometer, telah beroperasi sejak 2021.

Seksi 2 menghubungkan Rangkasbitung–Cileles sepanjang 24,17 km, dan Seksi 3 menjadi menghubungkan Cileles–Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com