Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 PSN Belum Kelar Tahun 2024, Jokowi: Diteruskan, Masa Berhenti

Kompas.com - 08/01/2024, 11:54 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat 42 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang pembangunannya disebut akan selesai selepas tahun 2024.

Hal itu sebagaimana pernah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas tentang PSN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (5/10/2023). 

"Nah PSN juga ada proyek yang sifatnya konstruksi sudah berjalan, beroperasi sebagian, dan penyelesaiannya lewat dari tahun 2024," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembangunan 42 PSN tersebut agar tetap dilanjutkan sampai selesai.

"Ya diteruskan, masa berhenti," ucap Jokowi usai peresmian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Depok, Jawa Barat pada Senin (8/1/2024).

Baca juga: APBN Rp 7,7 Triliun Habis buat Bebaskan Lahan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono menyebut, ada beberapa proyek tol masuk dalam 42 PSN yang dimaksud.

"Tol Serang-Panimbang misalnya, itu selesai tadinya memang kita targetkan pada 2024. Tapi karena memang ada masalah lahan dan sebagainya, ada pembiayaan, kita geser ke 2025, itu salah satunya," jelas Yongki.

Namun demikian, dia menegaskan bahwa PSN tersebut bukan berarti tidak selesai atau mangkrak, melainkan ditargetkan konstruksinya selesai selepas tahun 2024.

Oleh karena itu, akan ada beberapa proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN.

"Sebagian ada yang didrop, tapi sebagian ada yang kita lanjutkan karena bukan berarti seluruh ruas itu tidak selesai, tapi sebagian sudah ada yang berfungsi pada 2024, namun tidak full keseluruhan," tukasnya.

Mengenai proyek yang dikeluarkan dari daftar PSN, lebih lanjut akan menyusul pada kebijakan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com