Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan Sejumlah PSN Akan Diubah, Termasuk Tol Jambi-Rengat

Kompas.com - 08/10/2023, 08:20 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah akan melakukan perubahan nomenklatur pada sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN). Mulai dari jalan tol hingga kilang migas.

Hal itu pernah diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas tentang PSN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (05/10/2023).

"Ada beberapa proyek yang merubah nomenklatur. Berbagai isu yang membutuhkan persetujuan, Bapak Presiden telah memberikan pengarahan," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, PSN yang dimaksud salah satunya adalah ruas Jalan Tol Trans-Sumatera, khususnya Tol Jambi-Rengat.

"Termasuk terkait dengan Tol Trans-Sumatera, Jambi-Rengat, karena loan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) itu sudah memberikan sebesar Rp 23 triliun," katanya.

Baca juga: Sejumlah Proyek Dicoret dari PSN, Ada Pelabuhan hingga Jalan Tol

Selain itu, proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang perlu dilanjutkan dan skemanya didorong untuk public-private partnership.

"Kemudian perluasan dari Kawasan Industri Batang, dan juga terkait dengan MRT East-West," tandasnya.

Berikutnya, terdapat pula perubahan mengenai alokasi pengembangan industri metanol amunia di kawasan Bintuni dan Fakfak.

Serta, proyek Grass Root Refinery di Tuban, Jawa Timur, yang perlu dicarikan investor lain dan juga diberikan tenggat waktu.

"Karena dari Rusia menghadapi blokade dan persoalan ekonomi dan juga geopolitik. sehingga mungkin sulit untuk melanjutkan untuk dicarikan partner lain," pungkas Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com