Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Bandung-Surabaya Diusulkan Jadi PSN

Kompas.com - 06/10/2023, 12:48 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah berencana memasukkan proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal itu diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai Rapat Terbatas tentang PSN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (05/10/2023).

"Studi dulu, tahap awal kan studi. Ditunggu studinya (selesai), baru kita masukkan (Kereta Cepat Bandung-Surabaya jadi PSN)," ujarnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, Kereta Cepat dengan rute Bandung-Jogja-Solo-Surabaya itu merupakan salah satu dari beberapa proyek yang diusulkan menjadi PSN Baru.

"Kami mengusulkan beberapa PSN baru yang sifatnya PSN ini murni swasta," tandasnya.

Baca juga: Sejumlah Proyek Dicoret dari PSN, Ada Pelabuhan hingga Jalan Tol

Untuk diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya pernah menyampaikan bahwa proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya sedang dalam tahap studi pemrakarsa.

"Kereta cepat dari Bandung ke Surabaya mungkin dalam dua minggu ini, studinya dari pemrakarsa akan selesai," katanya saat ditemui di stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Senin (2/10/2023), dikutip dari Kompas.com.

Setelah proses kajian kereta cepat Bandung-Surabaya selesai dari pemrakarsa, pemerintah akan melanjutkan kajian itu secara internal untuk menghitung besaran biaya pembangunan infrastruktur tersebut.

"Kemudian akan kita lanjutkan dengan studi dari kita sendiri, studi lanjutan. Setelah hitung-hitungan, kalkulasi, selesai, baru dibutuhkan. Tahapannya dari dulu seperti itu," jelas Jokowi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, perjalanan Jakarta-Surabaya dapat ditempuh dalam 3,5 jam jika proyek tersebut terealisasikan.

"Bayangkan ini cuma 25 menit sampai Padalarang, kalau sampai Surabaya 3,5 jam. Jadi itu menjadi suatu obsesi kita," ujarnya di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lewat DIY, Apa Untungnya buat Wisata?

Menurutnya, saat ini perencanaan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tengah digodok oleh pemerintah untuk kemudian diteruskan oleh pemerintahan periode selanjutnya.

"Kita membuat suatu proposal juga, nanti diajukan. Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintahan yang akan datang ya monggo, tapi kita sudah letakkan dasar-dasar dan rencana ke depan seperti itu," tukasnya.

 

(Penulis: Bagus Puji Panuntun; Isna Rifka Sri Rahayu | Editor: Gloria Setyvani Putri; Aprillia Ika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com